Cerita di Balik Desain Mewah Toyota Venza 2013  
Reporter: Tempo.co
Editor: S Tri P Bud
Sabtu, 3 November 2012 08:48 WIB
Toyota Venza. motorpix.com

TEMPO.CO, Seoul - Toyota meluncurkan Venza keluaran terbaru di Seoul, Korea Selatan. Langkah ini bisa jadi merupakan penghormatan bagi Chung Lee, seorang desainer senior yang dimiliki Toyota. Dialah yang mendesain Venza menjadi lebih ramping dengan interior mewah.

Siapakah Lee? Dia pria Korsel yang hijrah ke Amerika Serikat saat berusia 20 tahun. Di California ia belajar desain transportasi di College Art Center of Design. Sekolah ini terkenal memproduksi desainer mobil terkemuka, termasuk Chris Bangle, mantan kepala desain untuk BMW.

Setelah lulus dari sekolah itu, Lee bekerja untuk General Motors selama tujuh tahun sebelum pindah ke Toyota. Delapan tahun sudah ia bergabung dengan produsen mobil asal Jepang itu.

Debutnya yang pertama adalah merancang eksterior mobil minivan Sienna dan truk Tundra. Versi terbaru keduanya akan dirilis di Amerika Serikat tahun depan. "Ada sekitar tujuh warga Korea dari 20 desainer di Toyota di AS," kata Lee.

Saat melihat Venza pertama melintas di jalanan Amerika Serikat, ia mengaku sedikit "prihatin". "Hanya cocok untuk dikendarai para pensiunan," ujarnya.

Ia kemudian mencoba merancang desain baru dengan membuat eksterior Venza tampil lebih agresif. Model baru ini mereka targetkan untuk konsumen usia 30-an atau 40-an tahun yang menikmati kegiatan di luar ruangan, tetapi tidak ingin mengorbankan gaya. "Saya ingin menciptakan tampilan untuk sebuah mobil yang cocok untuk liburan juga bekerja," katanya.

Venza juga mencerminkan perubahan dalam Toyota. Lee mengatakan pengembangan desain mobil di masa lalu sebagian besar dipimpin oleh para insinyur. "Tapi kini para desainer menciptakan dan mengekspresikan visi mereka semaksimal mungkin," katanya.

Versi Venza terbaru adalah dengan tempat duduk lebih tinggi, untuk memberikan pengemudi dan penumpang pandangan yang lebih baik. tersedia dua model, masing-masing 2,7 L dan 3,5 L.

CHOSUN ILBO | TRIP B

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi