Mobil SUV Lebih Cocok Terjang Banjir  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Rabu, 23 Januari 2013 12:51 WIB
Sebuah mobil Jeep Wrangler Rubicon melaju dengan santai menerobos banjir, sementara mobil Rolls Royce terjebak banjir dan sang pengemudi tak dapat berbuat banyak. TEMPO/Rully Kesuma

TEMPO.CO, Jakarta - Banjir yang menerjang wilayah Jakarta dan sekitarnya membuat sejumlah kendaran terendam. Tak pelak mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi salah satu pilihan untuk menerjang banjir.

"Mobil jenis ini cocok menerjang banjir karena desainnya memang lebih tinggi dibanding mobil sedan atau MPV (Multi-Purpose Vehicle)," kata Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto, Selasa, 22 Januari 2013.

Namun begitu, menurut Jongkie, kondisi tersebut tidak secara langsung mempengaruhi peningkatan penjualan. "Ada banjir atau tidak, SUV akan tetap laku karena memang tren pasarnya ke sana," katanya.

Jongkie menambahkan, soal harga, SUV memiliki banyak variasi mulai dari Rp 250 juta sampai di atas Rp 1 miliar. "Yang paling laku biasanya di kisaran Rp 300-500 juta," katanya.

Seperti diketahui, persaingan mobil SUV di dalam negeri semakin ketat. Hal ini terlihat dari banyaknya penawaran mobil tersebut, seperti Toyota Fortuner, Chevrolet Captiva, Ford Escape dan Ford Everest, Suzuki Grand Vitara, serta Mazda CX-7.

Selain itu, ada pula Honda CR-V, Hyundai Tucson dan Hyundai Santa Fe, BMW X1, Kia Sportage, Nissan X-Trail dan Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi Outlander dan lain-lain.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur Toyota Astra, mengatakan Fortuner dikenal sebagai salah satu jenis SUV yang bisa menerjang banjir. "Ini jenis favorit karena desain yang tinggi bisa menerjang banjir," ujarnya. "Banjir sampai ketinggian satu meter juga masih bisa-lah dilewati."

Mengenai data penjualan Toyota Fortuner, Johnny mengatakan sejauh ini masih positif. "Yang pasti dari 2011 ke 2012 pertumbuhannya hampir 1,5 kali," katanya.

ANANDA WP

#Banjir Jakarta
#Toyota Astra Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi