KIA Carens Tonjolkan Desain Mutakhir
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Rabu, 29 Mei 2013 14:11 WIB
Model berpose disebelah moil KIA Carens, selama Auto Show Paris, Prancis, 27-9, 2012. Paris Auto Show akan dibuka untuk umum pada 29 September - 14 Oktober. (AP Photo/Michel Euler)

TEMPO.CO, Jakarta- Direktur Marketing PT KIA Mobil Indonesia, Hartanto Sukmono, menyatakan selain desain yang mutakhir, KIA All New Carens juga mengedepankan teknologi mesin terbaru dan fitur keamanan. "Tiga hal yang membedakan Carens terbaru dengan kendaraan keluarga lain," ujar dia saat pra-peluncuran All New Carens hari ini, Rabu, 29 Mei 2013, di Patio Tribeca Central Park, Jakarta.

Layaknya desain KIA sebelumnya All New Carens merupakan hasil karya Direktur Desainer KIA Motors, Peter Schreyer, yang sebelumnya berhasil menyabet penghargaan desain untuk beberapa produk KIA. Produk ini sengaja dibuat sangat stylish dan sangat dominan dengan aerodynamic.

Penghargaan tertinggi adalah BEST OF THE BEST dalam ajang Automotive Brand Contest (ABC) Awards lantaran Schreyer telah berhasil meraih beberapa penghargaan desain dalam kontes serupa sebelumnya. Hartanto mengatakan, All New Carens tetap mengusung Tiger Nose Design untuk radiator grille, sebagai ciri khas KIA, yang membuat semakin elegant dan gagah.

Selain desain, Hartanto menambahkan, KIA Mobil juga mengedepankan eco technology. Dengan mengusung mesin 2.000 CC, NY 2.0L DOHC Dual CVVT, diklaim akan memberikan peforma mesin yang maksimal.

Mesin tersebut menghasilkan daya sebesar 152 ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 19,8 kilogram meter pada 4.800 rpm. Mesin ini, Hartanto menambahkan, dipadukan dengan transmisi 6 percepatan, baik manual maupun otomatis, yang biasa dipakai oleh mobil-mobil kelas atas. "Jadi, tenaga besar, tapi tetap hemat bahan bakar," ujar dia.  

Hartanto menambahkan, sistem kemudi juga telah dipasangi Motor Driven Power Steering (MDPS), tilt steering, dan telescoping steering. All New Carens juga memiliki fasilitas Flex Steer yang memberikan sensasi berkendara. "Comfort, normal, dan sporty," ujar Hartanto.

Mengenai kemanan, Hartanto melanjutkan, All New Carens telah menggunakan disc brake pada keempat rodanya untuk memaksimalkan daya pengereman. Selain itu juga telah dilengkapi dengan airbag dan back sensor. "Dan ada fitur untuk yang berfungsi mengurangi blind spot," ucap dia.

All New Carens ini akan diluncurkan pada 4 Juli 2013 mendatang di Atrium Gandaria City, Jakarta. Ini sesuai dengan komitmen KIA untuk memberikan 'yang baru' kepada para pecinta KIA di Indonesia. "The power to surprise," kata dia kepada wartawan.

Mengenai harga, Hartanto masih enggan memberikan harga pasti. Dia menyarankan para konsumen untuk sedikit bersabar. Tapi, "Kisarannya antara Rp 150-300 juta," ucap Hartanto.

Sebelumnya All New Carens juga telah diluncurkan secara global 2012 lalu, tepatnya di Paris Motor Show. Pada ajang ini KIA Motors mendapat sambutan yang hangat bagi seluruh pengunjung dan pecinta otomotif.

AMRI MAHBUB

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi