Alfa Romeo 4C Kini Pakai Serat Karbon
Reporter: Tempo.co
Editor: A.a.Gde Bagus Wahyu Dhyatmika
Selasa, 15 Oktober 2013 20:04 WIB
Produsen otomotif asal Italia memperkenalkan Alfa Romeo 4C Launch Edition, jumlahnya sangat terbatas, hanya 1000 mobil di seluruh dunia. Mobil edisi ini dibalut cat putih atau merah, lampu LED, rear diffuser alumunium, dan velg besar. autocar.co.uk

TEMPO.CO, London - Alfa Romeo, produsen mobil asal Italia, sukses mewujudkan ambisinya membuat sport car ringan 4C. Alfa Romeo menggunakan serat karbon untuk sasis dan body mobil.

Kini sasis 4C, dengan teknologi yang dipakai mobil Formula 1 dan super car, hanya memiliki bobot 65 kilogram. Penggunaan serat karbon membuat berat total sport car dua pintu ini hanya 895 kilogram.

Mulai Oktober 2013 ini Alfa resmi menjual mobil sport ringan yang konsepnya sudah mereka perkenalkan pada pameran otomotif di Jenewa, Swiss, Maret 2011. Alfa melepas mobil 4C, yang tergolong sport car kelas menengah, dengan harga 45 ribu pounds atau sekitar Rp 818 juta.

Selain penggunaan serat karbon pada sasis dan badan mobil, Alfa memakai aluminium untuk membuat blok mesin yang ringan tapi kuat. Mesin 4C berkapasitas 1.750 cc dengan empat silinder yang dilengkapi turbocharger dan menghasilkan tenaga 240 bhp. Mesin 4C 22 kilogram lebih ringan ketimbang milik saudaranya Giuletta. Kaca mobil yang dipasang di 4C ternyata 15 persen lebih tipis dibandingkan produk Alfa Romeo lainnya.

Meski tenaga mesinnya lebih kecil ketimbang sport car lainnya, dengan bobot ringan Alfa Romeo 4C bisa pamer kemampuan di jalan raya. Sebagai perbandingan, mesin Audi S3 mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 bhp namun mobil itu beratnya 1,3 ton. Alfa Romeo 4C, yang menggunakan transmisi enam percepatan ini, bisa melaju dari nol hingga 100 kilometer hanya dalam 4,5 detik.

Dengan bobotnya yang ringan, 4C disebut cukup irit karena hanya menghabiskan 3,7 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 65 kilometer. Alfa Romeo memproduksi sport car ini dalam jumlah terbatas, hanya 3.500 unit per tahun dan 200 diantaranya dipasarkan di Inggris. Sementara produksi Alfa Romeo 4C baru masuk pasar Amerika Serikat tahun depan.

MIRROR | AUTOMOBILE | GABRIEL TITIYOGA

Berita Terpopuler:Tanah Abang Macet Lagi, Jokowi KecewaIklan Sepatu 'Anti-Islam' Dikalahkan Pengadilan  Gereja Tolak Upacara Pemakaman Mantan Kapten NaziKampung Rambutan Masuk Wilayah Mana Pak Jokowi?Ini Dua Buron Pembunuhan Holly Angela

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi