Mobil Bisa Ngobrol Segera Hadir
Reporter: Tempo.co
Editor: M. Nur Rochmi
Kamis, 20 Maret 2014 12:16 WIB
Smart fourjoy akan diluncurkan secara resmi dalam Frankfurt International Motor Show yang akan dibuka pada 12 Septembermendatang. Digitaltrends.com

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil bisa bicara sering kita saksikan dalam film seri Knight Rider. Film yang dibintangi David Hasselhof ini menampilkan mobil otomatis dan bisa berbicara dengan pemiliknya. Kabarnya, mobil yang bisa berkomunikasi seperti itu akan segera hadir. Menurut HuffingtonPost, Rabu, 19 Maret 2014, U.S. Department of Transportation dan National Highway Traffic Safety Administration menyetujui sistem komunikasi vehicle-to-vehicle (V2V). (Baca: Tesla Bakal Luncurkan Mobil Pintar 3 Tahun Lagi)

Dengan teknologi ini, mobil bisa saling berkomunikasi dan mengetahui letak mereka masing masing secara real time. Dengan demikian kecelakaan bisa dikurangi hingga 70-80 persen. Misal, jika Anda hendak pindah jalur atau mau ke pinggir, mobil lain di sekitar bisa tahu posisi mobil Anda. Jadi mobil di belakang Anda secara otomatis memperlambat lajunya.

Mobil ini berkomunikasi dengan jaringan nirkabel jarak pendek. Jarak yang bisa dijangkau maksimal 300 meter. Sedangkan daya pantaunya hingga 360 derajat sehingga bisa melihat apa yang tak bisa dijangkau mata manusia.

Sistem komunikasi ini juga bisa digunakan untuk komunikasi mobil dengan infrastruktur lain alias vehicle-to-infrastructure (V2I). Dengan demikian mobil bisa berkomunikasi dengan infrastruktur transportasi, seperti jalan raya. Jika jalanan sedang licin karena banyaknya es salju, setelah menerima informasi dari infrastruktur, mobil secara otomatis akan melaju dengan kecepatan aman.

Volvo sedang menguji coba jenis komunikasi mobil dengan infrastruktur transportasi. Bekerja sama dengan Swedish Transport Administration dan Norwegian Public Roads Administration, Volvo mengerahkan 50 mobil untuk menguji teknologi ini. (Baca: Bangun Mobil Pintar, Ford Tiru Robot Luar Angkasa)

Teknologi komunikasi mobil ini akan menyebar pada jenis transportasi lain, seperti bus, truk, atau sepeda. Bahkan teknologi ini bisa juga dikembangkan sehingga mobil bisa berkomunikasi dengan pejalan kaki. Dengan banyaknya pengguna ponsel pintar, maka mobil bisa mendeteksi ponsel pintar pejalan kaki.

NUR ROCHMI | HUFFINGTONPOST | CNET

Berita Lain: Pompa Bensin Rawan Bocor, Honda Odyssey Di-recallRebut Segmen Mobil Mewah, Audi Rilis 17 ModeLPasar Mobil Mewah, Audi Kalahkan BMWRem Masalah, Chrysler Tarik 25.250 Jeep dan DodgeEsemka Mangkrak, Solo Techno Park Buat Mesin CetakAll New Yaris Siap Diluncurkan

 

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi