Masalah Setir, Ford Tarik Ratusan Ribu Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Jumat, 30 Mei 2014 10:05 WIB
Ford Explorer. Foto: Ford

TEMPO.CO, Detroit, AS - Raksasa otomotif asal Amerika Serikat, Ford Motor Co, pada Kamis, 29 Mei 2014, waktu setempat menyatakan akan segera menarik 1,39 juta mobil jenis sport utility vehicle dan sedan yang sudah dipasarkan di Amerika Utara. Penarikan ini disebut dilatarbelakangi adanya masalah pada sistem power steering.

Seperti dilansir Reuters, Ford akan menarik 195 ribu SUV Explorer produksi 2011-2013 serta 915 ribu SUV Escape dan Mercury Mariner buatan 2008-2011. Masalah yang ditemukan ialah potensi kerusakan power steering yang berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan saat kendaraan dipacu dalam kecepatan rendah. Sedangkan sekitar 200 ribu sedan Taurus buatan 2010-2014 akan ditarik karena masalah korosi.

Adapun sejumlah jenis sedan buatan Ford seperti Fusion, Mercury Mila, Lincoln Zephyr, dan MKZ produksi 2006-2011 ditarik karena terindikasi bermasalah pada bagian lantai kabin. Ford mengatakan masalah pada lantai kabin keempat jenis sedan itu bisa mempengaruhi kinerja pedal akselerator.

Dilaporkan pula, akibat sejumlah cacat produksi di beberapa produk Ford itu, enam pemilik mobil Ford terluka dalam kecelakaan. Hasil penyelidikan badan berwenang di Amerika Serikat menyebutkan ada lima kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kerusakan pada kendaraan Ford. Sedangkan pada April lalu ada 15 kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mobil Ford akibat kerusakan pada sistem power steering.

Juru bicara Ford sendiri menyebutkan pihaknya menerima 18 pengaduan konsumen yang mengeluhkan kendaraan mereka terbakar gara-gara korsleting pada komponen lampu. "Ada 18 laporan kebakaran yang dipicu korsleting gara-gara ada korosi pada bagian kelistrikan."

Penarikan sejumlah jenis mobil ini dikabarkan sudah mulai dilakukan pada Kamis lalu di sejumlah dealer di Negeri Abang Sam. Tidak hanya itu, Ford juga aka mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pemilik kendaraan. "Tidak menutup kemungkinan recall juga dilakukan pada mobil Ford yang dipasarkan di luar AS," kata juru bicara Ford.

REUTERS | PRAGA UTAMA

Terpopuler:

Cadbury Berbabi, Muslim Indonesia Diminta Waspada 'Tukang Gesek' di Bus Transjakarta Tertangkap Robert De Niro Blakblakan Ayahnya Gay

#Info Otomotif
#Ford Motor Co

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi