Toyota Keluarkan Seri Alphard Baru, Apa Keunggulannya?
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Sabtu, 28 Maret 2015 04:28 WIB
Toyota Alphard (toyota.co.id)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota Astra Motor meluncurkan dua produk baru, yaitu All New Alphard dan All New Velfire. Perubahan mendasar dari seri baru ini dibanding produk sebelumnya, terletak pada sistem suspensi dan mesin.

"Mesin 2400 cc digantikan dengan mesin baru 2500 cc," kata Vice President PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin dalam acara peluncuran, di Plaza UOB, Jakarta, Jumat 27 Maret 2015. Ada tiga varian All New Alphard yang diluncurkan yaitu 2.5 X, 2.5 G, serta 3.5 Q. Sedangkan varian baru All New Vellfire adalah 2.5 G. "Kalau untuk 3.5 Q kami mempertahankan mesin 3.500 cc."

Dari keempat varian tersebut, All New Alphard 2.5 X menjadi yang termurah dengan banderol Rp 830 juta. Sedangkan All New Aplhard 2.5 G dan All New Velfire 2.5 G dijual dengan harga sama, yaitu Rp 980 juta. Adapun Velfire 3.5 Q dihargai Rp 1,53 miliar per unit.

Walaupun menggunakan cc di atas 2000, dikatakan Suparno, laju kendaraan tetap bisa efisien karena menggunakan start dan sto system. Pada desain interior, varian ini juga mengalami perubahan. Captain Seat dan Rear Seat Entertainment yang diberikan oleh dua produk ini, menurut dia, akan memberikan kenyamanan baik untuk supir maupun para penumpang.

Selama enam tahun terakhir, Suparno mengklaim Alphard mampu mendominasi kelas MPV Luxury. Kehadiran tiga varian ini diharapkan mampu mengokohkan dominasi Alphard di kelasnya.

Dalam tiga tahun terakhir angka penjualan Alphard mencapai 4.983 unit sehingga kontribusinya terhadap total market segmen MPV premium mencapai 83,1 persen. Bahkan, pada tahun 2014, angka penjualannya tercatat 1.148 unit atau menguasai sekitar 86,2 persen pangsa pasar.

Dukungan dealer Toyota yang tersebar di Indonesia, menurut Suparno akan menjadi pertimbangan lain bagi calon konsumen, khususnya dalam layanan purna jual. Selain layanan gratis dan garansi resmi Toyota, dealer tersebut juga menyediakan penawaran lain, seperti premium experience serta aksesoris yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Kehadiran produk ini, menurut dia, juga sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen tanah air. "Kami melihat sejak awal kami masuk di tahun 2008, animo masyarakat cukup tinggi."

FAIZ NASHRILLAH

#Info Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi