Ini Cara Modifikasi Harley Davidson yang Benar
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Minggu, 17 Mei 2015 10:54 WIB
Vladimir Putin mengendarai motor Harley Davidson Lehman Trike setelah menghadiri pertemuan para pengendara motor besar di Gasfort Lake, dekat Sevastopol, Semenanjung Crimea Ukraina, pada Juli 2010. ALEXANDER ZEMLIANICHENKO/AFP/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagai raja di kategori motor besar  atau yang biasa juga disebut motor gede (moge), Harley Davidson  (HD) masih menjadi kebanggaan bagi penggemarnya. Bentuknya yang besar dan gagah dengan mesin yang menderu membuat pengendaranya serasa menjadi penguasa jalanan.

Jika Anda perhatikan, para penggemar HD kerap melakukan modifikasi terhadap motornya tersebut. Tindakan ini dilakukan selain untuk memberikan nilai tambah saat dijual nanti, juga untuk memberikan sentuhan personal yang mencerminkan kepribadian sang pengemudi.

Menurut anggota  pecinta HD dari komunitas Freedom Gading Community Yudi Santoso, nilai jual HD yang telah dimodifikasi bisa bertambah hingga 30% jika menggunakan aksesoris asli. Adapun jika menggunakan aksesoris lain, nilai jualnya tetap bertambah sekitar 10 hingga 20% dari harga beli.

“Makanya disarankan modifikasi di bengkel resmi saja, yang authorized. Jadi aksesoris buat modifnya disesuaikan dengan standar. Bagian motor aslinya juga meski sudah tidak dipakai, tetap disimpan dan dirawat, jadi ketika dijual lagi nanti masih lengkap sepaket,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Obelix ini menuturkan, dua hal yang harus diperhatikan saat modifikasi HD adalah faktor keamanan dan kenyamanan. Keduanya penting untuk dilakukan secara selaras, jangan sampai hanya menitikberatkan pada salah satunya saja.

Dia juga menjelaskan ada beberapa bagian motor yang paling umum dimodifikasi atau ditambahkan aksesoris oleh para pecinta HD. Aksesoris yang pertama adalah engine guard, atau pelindung mesin. Fungsinya sebagai penahan motor sebelum terjatuh menyentuh jalanan.

Terbuat dari pipa, bentuk engine guard ini menyerupai rangka tulang yang melindungi bagian mesin dan tubuh motor. Hal Ini berguna untuk mencegah baret yang timbul ketika motor terjatuh, juga untuk menghindari terjadinya kerusakan mesin akibat kecelakaan. 

Selain itu, aksesoris lain yang paling sering ditambahkan pada Harley Davidson adalah back rest pads atau sandaran belakang. Fungsinya untuk memberikan kenyamanan pada penumpang bila menempuh perjalanan jauh. Bentuknya pun bermacam-macam, bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengganti saringan udara pada HD dengan volume yang lebih besar. Komponen ini berfungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran mesin sehingga kondisi mesin tetap bersih.

Untuk motornya sendiri, Yudi mengganti saringan udaranya dengan aksesoris asli HD tipescreaming eagle yang berkapasitas 300 cc, dua kali lebih besar dari saringan udaranya dulu. Dengan mengganti komponen ini, dia mengaku tarikan motornya terasa lebih ringan.

Dari segi penampilan, salah satu bagian yang memberikan efek signifikan ketika dimodifikasi adalah stang. Memang Harley Davidson memiliki jenis  dan tingi stang yang beragam, tergantung dari tipe motor yang Anda pilih.

 Namun, jika Anda menginginkan kesan yang lebih tangguh, Anda bisa menggantinya dengan stang lain yang kini tersedia banyak di pasaran, mulai dari stang uphanger setinggi 10 inch hingga 16 inch. Yang perlu diperhatikan, sesuaikanlah tinggi stang dengan tinggi badan dan kenyamanan tangan Anda. Pastikan jangkauan tangan Anda masih mampu menggapai posisi stang dengan nyaman.

Stang uphanger 16 inch masih cocok digunakan bagi Anda yang memiliki tinggi minimal 170 cm.  Jika tinggi Anda kurang dari 170 cm, jangan khawatir, masih banyak pilihan stang yang bisa Anda gunakan untuk tetap terlihat keren.

Alternatif lain untuk memberikan kesan yang lebih macho adalah dengan mengubah modelfender motor. Ada banyak bentuk fender modifikasi Harley Davidson yang tersedia, mulai dari yang ceper atau rendah, hingga meruncing yang memberikan kesan tajam. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera.

Bagi Anda yang gemar melakukan tur dengan rombongan, tak ada salahnya menambahkan bagasi samping. Bagasi ini akan memberikan ruang lebih untuk penyimpanan barang seperti jaket, bekal makanan dan minuman, juga perlengkapan tur lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengutak-atik bagian lainnya seperti lampu, knalpot, velg sesuai kepribadian. Bahkan, bila ingin makin menarik perhatian, Anda juga menambahkan sirine pada kendaran. Dengan begitu, HD  Anda pun semakin mencuri perhatian.

BISNIS

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi