Ini Alasan Toyota Meluncurkan Avanza Model Baru
Reporter: Tempo.co
Editor: Anton Aprianto
Sabtu, 15 Agustus 2015 10:32 WIB
Serupa tapi tak sama, dilihat dari depan mobil Toyota Grand New Avanza (biru) dan Grand New Veloz (merah) saat diluncurkan di Jakarta, 12 Agustus 2015. Menjadi MPV paling laris di Indonesia sejak 2004, membuat Toyota kembali merilis Grand New Avanza dan Grand New Veloz untuk penuhi pasar pecinta mobil keluarga. TEMPO/Praga Utama

TEMPO.CO, Balikpapan - PT Toyota Astra Motor mempertegas dominasi segmen low multipurpose vehicle (MPV) lewat peluncuran varian terbaru Grand New Avanza dan Grand New Veloz di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dua mobil tipe terbaru itu memastikan penguasaan market Avanza yang sudah menembus angka penjualan di atas 1,3 juta unit.

“Produk Avanza sudah terbukti bukan produk low multipurpose vehicle sembarangan. Seperti halnya produk merek lain,” kata Deputi Division Head Product Planning and Development PT Toyota Astra Motor Sutrimono di Balikpapan, Sabtu, 15 Agustus 2015.

Sutrimono mengatakan konsep desain produk Avanza sudah melalui proses riset panjang sesuai dengan keinginan masyarakat Indonesia. Diluncurkan pada sepuluh tahun lalu, menurut dia, Avanza langsung mampu menggantikan tipe mobil Kijang dari sisi keandalan dan kenyamanan, serta jauh lebih murah. “Kami mensurvei, dan hasilnya masyarakat ingin tipe mobil yang andal, nyaman, dan lebih murah. Keluarlah Avanza ini,” ucapnya.

Baca juga: Heboh Gojek: Bisa Dapat Rp 1 Juta per Hari, Sarjana pun Ada Sepasang Kekasih Daftar Jadi Sopir Go-Jek Demi Biaya Nikah

Varian Grand New Avanza dan Grand New Veloz tetap mengandalkan teknologi dual VVT-i dengan kapasitas mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Toyota hanya meningkatkan pada sisi teknologi interior, kenyamanan kemudi, dan faktor keamanan penumpang. “Kami meluncurkan warna merah dan biru metalik. Warna ini sesuai dengan permintaan mayoritas konsumen juga,” ujarnya.

Branch Manager Auto 2000 Balikpapan Ilyas Fajar menuturkan pangsa pasar produk Avanza terus bertumbuh di Kalimantan Timur. Total penjualan Avanza di provinsi itu sudah mencapai 63.053 unit dengan market share 45,4 persen pada semester pertama 2015. "Market share produk kami meningkat. Sebelumnya hanya 41 persen pada periode sama,” katanya.

Ilyas berujar, produk Avanza menjadi andalan di tengah lesunya perekonomian industri pertambangan, perkebunan, minyak, dan gas di Kalimantan Timur. Dia optimistis dengan rencana stimulus pemerintah dalam menggeliatkan roda perekonomian daerah pada September mendatang. “Ada rencana stimulus pemerintah, sehingga kami optimis peningkatan naik bulan September nanti,” ucapnya.

Produk Grand New Avanza dan Grand New Veloz secara resmi diluncurkan di Balikpapan pada Sabtu ini. Sudah ada seratus unit pemesanan untuk dua varian baru ini. Keduanya dibanderol di pasaran seharga Rp 191-250 juta. “Secara resminya, kami menerima seratus unit pemesanan. Namun biasanya penjualan pertama jauh di atas angka itu,” tuturnya.

S.G. WIBISONO

Baca juga: Nih, Alasan Aurel Hermansyah Dicap Anak Durhaka oleh Haters Mau Tahu Sikap Pacar yang Sebenarnya? Coba Lakukan Ini

#Info Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi