Ingin Beli Mobil Baru? Ini yang Harus Anda Perhitungkan
Reporter: Tempo.co
Editor: Anisa Luciana pdat
Kamis, 24 September 2015 07:17 WIB
Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan pada pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, 19 Agustus 2015. Pameran otomotif terbesar di Indonesia, IIMS tahun ini menargetkan akan dibanjiri oleh 380.000 pengunjung. Tempo/Tony Hartawan

SWA.CO.ID, Jakarta - Kebutuhan akan mobil sebagai kendaraan operasional yang dapat memudahkan mobilitas semakin meningkat. Keinginan untuk tampil lebih gaya dan percaya diri pun menjadi alasan banyaknya orang membeli mobil baru.

Namun, membeli mobil tidak cukup sekadar punya uang dan ingin mencari model terbaru. Lebih dari itu, Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut tips membeli mobil idaman bagi para pembeli mobil pemula:

1. Sesuaikan jenis mobil dan anggaran

Sebelum pergi ke dealer mobil, sebaiknya tentukan dahulu jenis dan tipe mobil yang Anda inginkan, lalu sesuaikan dengan isi kantong. Hal ini untuk menjaga kondisi finansial Anda tetap stabil, karena masih ada biaya yang harus dikeluarkan setelahnya, seperti cicilan bulanan, servis berkala, pajak tahunan, dan lain-lain.

2. Pilih jenis pembayaran terbaik

Jika Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil, tidak ada salahnya membeli secara tunai. Namun, jika masih ada pos-pos pengeluaran lain yang harus dilunasi, membeli secara kredit adalah pilihan yang bijak.

3. Pilih dealer dan perusahaan pembiayaan terpercaya

Saat ini banyak dealer mobil yang menawarkan berbagai manfaat tambahan. Pastikan hal ini dengan benar dan lakukan crosscheck. Bagi yang membeli secara kredit, jangan luput memastikan perusahaan yang akan membiayai pembelian mobil Anda adalah perusahaan yang terpercaya dan memberikan harga rasional.

4. Cari yang memiliki layanan purna jual bagus

Berpikir harga jual yang bagus saat akan membeli mobil adalah wajar. Jika hal itu menjadi salah satu pertimbangan Anda, pastikan membeli mobil yang memiliki harga yang pantas saat dijual kembali.

5. Pelajari keunggulan produk

Jangan tergiur membeli mobil hanya dari iklan dan penawaran harga murahnya. Sebaiknya, ketahui tentang keunggulan produk tersebut, seperti kemudahan suku cadang, irit bahan bakar, biaya servis kompetitif, bengkel resmi, jaringan luas, dan lain-lain.

6. Lakukan test drive

Ini adalah hal terakhir yang mutlak dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil. Gunakanlah kesempatan ini untuk benar-benar mencoba dan merasakan performa mobil. Tidak ada salahnya melakukan test drive terhadap lebih dari satu merek mobil.

7. Lengkapi dengan perlindungan asuransi

Bagi yang membeli mobil secara kredit, sudah pasti memiliki asuransi. Selain melindungi mobil dari risiko buruk yang mungkin terjadi, asuransi juga membantu menjaga kondisi keuangan tetap stabil, karena dapat mengurangi pengeluaran tak terduga, misalnya akibat tabrakan.

Asuransi sangat penting artinya dalam mendukung mobilitas sehari-hari. Bagi yang membeli mobil secara tunai, segera asuransikan mobil Anda. Carilah informasi mengenai asuransi mobil yang menenangkan dengan berbagai layanan yang dapat diandalkan.

SWA.CO.ID

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi