Kaleidoskop 2015: Daftar 10 Mobil Terlaris di Dunia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Senin, 28 Desember 2015 19:00 WIB
Toyota Corolla Altis Facelift. paultan.org
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Membaiknya perekonomian di wilayah Eropa Barat dan Amerika Utara pada tahun ini membantu industri otomotif kembali bergeliat. Penjualan mobil global pada tahun ini secara total menembus angka 65,7 juta unit atau naik sekitar 3,8 persen dibandingkan tahun lalu. Lembaga konsultan bisnis focus2move dalam situsnya merilis daftar mobil paling laku tahun ini. Berikut daftarnya:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

10. Toyota RAV4 483.054Keberadaan RAV4 dalam daftar ini menunjukkan posisi Toyota sebagai merek mobil paling laku tahun ini. Produsen Jepang ini, praktis menguasai 3 segmen mobil, mulai dari SUV-Cross over yang diwakili oleh model ini, sedan kompak, dan sedan kelas menengah. Kehadiran model baru RAV4 berhasil mendongkrak penjualan sebesar 4,6 persen.

9. Chevrolet Silverado 492.073 unitPick up truck terbaru keluaran Chevrolet ini belum mampu menyaingi kedigdayaan Ford F-Series yang konsisten menempati urutan atas daftar mobil laris. Meski belum terjual sebanyak pesaingnya itu, namun pertumbuhan penjualan Silverado cukup baik, yakni naik 15,3 persen dibandingkan tahun lalu. Ford harus berhati-hati menghadapi mobil yang juga dijual dengan nama GMC Sierra itu.

8. Honda CR-V 511.277 unitBukan cuma di Indonesia, Honda CR-V menjadi pemimpin penjualan segmen sport utility vehicle. Secara global, mobil ini juga masih laku dibeli konsumen. Padahal kinerja penjualan CR-V pada 2015 menurun -1,2 persen.

7. Volkswagen Polo 527.137 unitHatchback murah VW Polo berhasil menyodok ke dalam daftar 10 besar setelah tahun lalu hanya ada di posisi 11. Penjualan mobil ini naik 2,9 persen dibandingkan 2014.

6. Hyundai Elantra 560.975 unitGara-gara belum ada model baru, Hyundai Elantra harus rela turun peringkat ke posisi ke enam. Tahun lalu, mobil buatan Korea Selatan ini menempati posisi lima besar. Penjualan yang turun hingga -11,1 persen menjadi pemicunya.

5. Toyota Camry 599.022 unitSedan kelas menengah Camry berhasil mengalahkan rivalnya, Hyundai Elantra. Tahun ini, pejualan Camry naik 0,8 persen. Camry laku di banyak negara Eropa, Amerika Utara, dan Timur Tengah.

4. Ford Focus 626.665 unitPenguasa daftar mobil paling laris sedunia ini harus rela tersungkur ke posisi keempat. Penjualan Focus sepanjang 2015 memang jeblok hingga -19,1 persen pada 2015. Focus dikalahkan oleh kakaknya, F Series yang lebih disukai konsumen.

3. Ford F Series 672,937 unitDi antara deretan hatchback dan sedan, Ford F Series menyeruak dalam daftar tiga besar mobil terlaku. Pick up legendaris buata Ford ini memang sejak 33 tahun lalu menjadi mobil paling laku di negara kelahirannya, Amerika Serikat. Dengan kehadiran model baru yang canggih dan lebih bertenaga, penjualan F Series naik 0,1 persen di tahun ini.

2. Volkswagen Golf 794.175 unitKendati dihempas skandal emisi gas buang, VW masih mampu mempertahankan kinerja penjualannya melalui hatchback Golf. Tahun ini, Golf berhasil mempertahankan posisinya dan mengalami kenaikan penjualan hingga 13,5 persen. Bahkan di tahun ini, Golf memecahkan rekor dengan pencapaian penjualan tertinggi sepanjang sejarahnya.

1. Toyota Corolla 980.071 unitDi Indonesia mobil ini dikenal dengan merek Toyota Altis. Rupanya model ini menjadi favorit di banyak negara. Penjualan sedan kompak ini pada 2015 naik 5,7 persen dibandingkan tahun lalu. Prestasi ini berhasil membuat Corolla menjungkalkan hatchback sport buatan Ford, Focus, yang selalu menempati urutan pertama.

FOCUS2MOVE.COM | PRAGA UTAMA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi