Ini Kegunaan Tanggal Produksi Pada Ban
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Jumat, 3 Juni 2016 03:13 WIB
Bridgestone Dueler 697. bridgestone.com.au

TEMPO.CO, Jakarta - Anda mendapatkan ban dengan tanggal produksi bukan tahun sekarang ketika membeli ban? Jangan panik dulu atau menduga bahwa ban sudah kadaluwarsa layaknya produk makanan.

Herry Maylanda, manajer perencanaan produk di PT Bridgestone Tire Indonesia, menjelaskan mengenai apa arti dari tanggal produksi yang biasanya tertera pada sisi samping ban.

Menurut Herry, pada dasarnya ban tidak ada kadaluwarsanya selama disimpan dengan baik dan performanya tidak akan turun ketika digunakan.

Tanggal produksi pada ban, kata Herry, bukan untuk sebagai tanda kadaluwarsa atau tidaknya sebuah ban, tapi lebih hanya untuk kepentingan produsen dalam hal pelacakan ketika terjadi sesuatu hal.

“Itu hanya untuk memudahkan pelacakan oleh pabrikan ketika terjadi sesuatu, bahkan siapa yang bertugas dalam produksi ketika itu pun bisa diketahui dari kode produksi dalam ban loh,” kata Herry disela kampanye keselamatan berkendara Bridgestone Tire Safety di KM57 Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (2 Juni 2016).

Jadi, kata Herry, ban yang belum digunakan tidak ada umur kadaluwarsanya, selama itu disimpan dengan baik dan tidak akan mempengaruhi performanya ketika digunakan, misal ada sangat lah kecil alias sulit dibedakan dengan ban produksi terbaru.

Agar ban tetap dalam kondisi baik, Herry menuturkan, sebaiknya disimpan dengan baik pula. Diletakkan berdiri dalam rak, kemudian suhu ruangan yang tidak lembab atau panas, idealnya sekitar 27 derajat Celsius.

Apabila harus ditumpuk, penumpukannya jangan terlalu banyak dan disesuaikan dengan berat jenis ban sehingga tidak membuat ban menjadi pipih karena terhimpit.

ANTARA

#Info Otomotif
#PT Bridgestone Tire Indonesia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi