Tip Mempersiapkan Mobil untuk Mudik dari Ahlinya
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Kamis, 30 Juni 2016 07:00 WIB
Para pemudi antre di kawasan Ciromed, Sumedang, Jawa Barat, yang memang rawan macet, Kamis, 16 Juli 2015. Pada H-1 lebaran, arus mudik jalur tengah Sumedang Cirebon semakin padat oleh arus kendaraan menuju Majalengka, Cirebon, dan Pantura. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Jakarta - Sebelum melakukan perjalanan pulang kampung, mobil perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Demi perjalanan mudik nyaman dan aman, simak tip persiapan mudik dari Jakarta, yakni Kepala Bengkel Toyota Sunter, Iwan Abdurahman.

"Macet itu kan identik dengan mudik, jadi kondisi mesin harus prima," kata Iwan kepada Tempo, Rabu, 29 Juni 2016.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membawa mobil pribadi Anda ke kampung halaman.

1. Cek oli mesin, gardan, dan transmisi, jika perlu ganti oli. Jangan sampai oli kurang karena akan mempengaruhi kinerja mesin. Pastikan tak ada kebocoran oli. "Cek seal mesin dan karet-karetnya, ganti baru jika usia mobil sudah lumayan tua."

2. Sistem pendinginan yang meliputi radiator dan kipasnya juga harus bekerja dengan baik agar mobil tak overheating saat macet. "Kalau suhu mesin terlalu tinggi, bisa berabe."

3. Untuk keamanan, kata Iwan, pastikan kondisi kanvas rem serta minyaknya masih layak. Begitu juga dengan ban, jika alur kembangnya sudah tipis segera ganti, "Kemungkinan musim mudik kali ini masih musim hujan." Tekanan udara ban pun tidak boleh kurang. Tekanan angin pada ban yang kurang akan meningkatkan suhu serat baja di dalamnya, sehingga mudah pecah.

4. Untuk kenyamanan, periksa kondisi pendingin ruangan mobil (AC) kepada bengkel. "AC yang dingin membantu saat macet, begitu juga sistem audio untuk hiburan."

5. Yang tak kalah penting, ujarnya, adalah selalu memantau kondisi kendaraan di perjalanan. "Terutama air di radiator dan tekanan angin."

PRAGA UTAMA

#Mudik 2017

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi