Mitsubishi Bidik Peningkatan Pangsa Pasar Tiga Kali Lipat
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Senin, 15 Agustus 2016 23:02 WIB
Executive Vice President of Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Kozo Shiraji memperkenalkan mobil Mitsubishi konsep dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di BSD City, Tangerang Selatan, 11 Agustus 2016. Tempo/ Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), tengah serius menjadikan diri mereka sebagai pemain penting di segmen kendaraan penumpang. Salah satunya ditunjukkan KTB dengan mengenalkan semangat baru untuk segmen bisnis kendaraan penumpang mereka, yang kini mengusung slogan Brand New Day.

Slogan tersebut juga hadir bersama optimisme Mitsubishi yang membidik peningkatan pangsa mereka di pasar kendaraan penumpang meningkat sebesar tiga kali lipat.
 
"Saat ini kami masih berada di bawah empat persen, tetapi targetnya menaikkan pangsa pasar itu sebesar tiga kali lipat dari sekarang," kata Operating General Manager Divisi Pemasaran dan Penjualan MMC KTB, Irwan Kuncoro, dalam peluncuran slogan Brand New Day di pameran Gaikindo, ICE BSD City, Tangerang, Senin, (15/8/2016)

 
Optimisme tersebut berasal dari langkah Mitsubishi yang tengah mempersiapkan sebuah produk Small MPV yang rencananya bakal mulai diproduksi di pabrik baru mereka di Cikarang serta dijual pada 2017 mendatang.Versi konsep dari mobil tersebut, XM Concept, melakukan debutnya untuk pertama kali di dunia di Indonesia lewat pameran Gaikindo pada 11 Agustus 2016."Untuk produksinya sendiri, Small MPV nanti kami targetkan 60.000 unit untuk pasar domestik dan 20.000 unit untuk diekspor," kata Irwan.

"Yang jelas dengan masuknya kami ke segmen yang pasarnya paling besar di antara pasar otomotif Indonesia, Mitsubishi berkesempatan meningkatkan pangsa pasar di kendaraan penumpang," ujarnya menambahkan. Meski demikian, Irwan tak menyebutkan berapa lama waktu yang dipatok untuk target peningkatan tiga kali lipat pangsa pasar kendaraan penumpang itu bakal dicapai.
 

140 diler kendaran penumpang

Semangat Brand New Day terdiri dari tiga aspek, yakni Brand New Product, Brand New Service dan Brand New People. Pada aspek Brand New Service, KTB menargetkan dapat mengembangkan jaringan penjualan resmi mereka menjadi sebanyak 140 titik dalam jangka waktu 1-2 tahun mendatang.
"Sebelumnya diler khusus kendaraan penumpang Mitsubishi hanya sekitar 70-an saja, kami mau tingkatkan dua kali lipat jadi 140-an titik," katanya.

 
"Saat ini outletnya ada 81, untuk jangka pendek sesudah Small MPV diluncurkan target kami sudah memiliki 100 outlet khusus kendaraan penumpang," terangnya.

 
Soal nilai investasi yang mungkin cair bersamaan dengan perealisasian pengembangan jaringan tersebut, Irwan mengungkapkan angkanya bervariasi mengingat pihaknya menerapkan sistem dealership independen.

 
Sehingga beberapa rekanan mencatatkan angka investasi bervariasi, mengingat sebagian ada yang sudah memiliki modal tanah dan atau bangunan, namun tak jarang juga rekanan yang harus betul-betul memulai dari nol untuk membuka diler khusus kendaraan penumpang.

 
Apapun itu, pungkas Irwan, para rekanan maupun calon rekanan diler menyambut baik semangat positif yang diusung Mitsubishi menyeriusi pasar kendaraan penumpang.

ANTARA

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi