Otomotif 2017, Persaingan Empat Mobil SUV Merebut Konsumen
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Senin, 2 Januari 2017 13:54 WIB
Mobil compact crossover sport-utility vehicle (SUV) Mazda CX-3 saat dipamerkan di Tokyo, Jepang, 27 Februari 2015. Mazda CX-3 sepenuhnya masih menggunakan teknologi khas Mazda, SKYACTIV (teknologi unik penghasil konsumsi BBM yang irit). REUTERS

TEMPO.COJakarta - Industri otomotif tahun ini diperkirakan masih akan moncer. Kondisi perekonomian yang diperkirakan lebih baik dari tahun lalu menjadi motor pertumbuhan penjualan mobil. 

Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Yohannes Nangoi mengatakan penjualan mobil tahun ini diprediksi bisa bertumbuh 5-10 persen. "Tahun 2017, keadaan mulai membaik,” kata Yohannes beberapa waktu lalu.

Mobil-mobil jenis multi-purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV) diperkirakan masih akan banyak diminati konsumen. Untuk jenis SUV, Mazda menjagokan CX-3 yang sudah diperkenalkan pada Agustus lalu saat perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). 

Mazda CX-3 mendapat sambutan meriah dari konsumen. Mobil ini merupakan jenis kendaraan hasil perkawinan silang (crossover). Crossover SUV tersebut hanya tersedia dalam varian 2.000 cc bensin dan 1.500 cc turbo diesel, yang mensyaratkan solar kualitas tinggi. Inilah kenapa Mazda CX-3, yang sudah meluncur di Amerika Serikat pada 2014, terhambat kendala spesifikasi bahan bakar di Indonesia. Jika jadi masuk Indonesia, diperkirakan harga jual CX-3 dengan mesin 1.500 cc bensin akan dijual pada kisaran Rp 400 juta.

Baca: Beragam Penawaran Menarik Nissan-Datsun di Akhir Tahun Masih di kelas SUV, Suzuki menjagokan Vitara Brezza, yang juga dipamerkan dalam perhelatan GIIAS tahun lalu. Suzuki mengaku sedang meriset pasar demi kesuksesan SUV kompak ini. Belum diketahui berapa harga jual produk yang diproduksi di India tersebut. Di negara asalnya, Vitara dibekali mesin 1.300 liter DdiS yang diklaim efisien. Yang jelas, kehadiran Vitara Brezza sudah dinanti konsumen Suzuki sebagai penyegaran dari generasi ketiga yang diperkenalkan pada 2005.

Untuk kelas SUV, Honda mengandalkan CR-V untuk merebut konsumen.  Mobil anyar Honda CR-V ini akan dibekali mesin yang dilengkapi turbocharger, seperti pada Civic. Selain itu, Honda CR-V generasi terbaru tersebut dikabarkan akan memiliki tiga baris jok sehingga bisa memuat tujuh penumpang termasuk sopir. Direktur Marketing, Servis, dan Purnajual Honda Prospect Motor Jonfis Fandy telah mengkonfirmasi mobil baru ini hadir pada 2017. 

Baca: PO Putra Mulya Luncurkan Bus Tingkat Jarak Jauh

Merek mobil asal Amerika Serikat, Chevrolet, masih menaruh harapan di Indonesia kendati sudah menutup pabriknya beberapa tahun lalu. Di GIIAS 2016, Chevrolet memajang produk SUV All New Trailblazer yang tampil lebih macho dibanding SUV Chevy lainnya, Captiva. 

Presiden Direktur General Motor Indonesia Gaurav Gupta mengatakan Trailblazer akan menjadi produk andalan Chevrolet pada masa depan. “Tunggu saja tanggal mainnya,” ujar Gupta di GIIAS 2016.

PRAGA UTAMA

#Industri Otomotif
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi