Paris Uji Coba Bus Swakemudi, Mungkinkah Berlanjut?
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Selasa, 24 Januari 2017 13:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -  Kota Paris, Prancis, memulai uji coba pertama pengoperasian bus tanpa supir (driverless) pada Senin, 23 Januari 2017 waktu setempat sebagai persiapan menuju revolusi kendaraan swakemudi masa depan.

Dua kendaraan listrik berbentuk kotak yang mampu membawa sekitar 10 orang telah dikerahkan di jalur khusus di jembatan yang menghubungkan dua stasiun kereta api di sebelah timur pusat Kota Paris.

Baca:Mobil Swakemudi Ini Unjuk Gigi di Jalanan VegasPittsburgh Akan Segera Punya Mobil Swakemudi

"Kendaraan otonom merupakan sebuah revolusi untuk setiap kota di planet ini... yang akan mengubah lingkungan perkotaan dan ruang publik secara spektakuler selama 20 tahun ke depan," kata Wakil Wali Kota Paris Jean-Louis Missika seperti dilansir AFP hari ini, Selasa, 24 Januari 2017. 

Simak:BMW Turunkan 40 Mobil Tes Swakemudi di AS dan EropaIni Ciri Khas Mobil Swakemudi Toyota  

Uji coba ini akan berlangsung hingga tiga bulan ke depan dan menjadi tahap pertama dari penerapan kendaraan swakemudi yang menggunakan kombinasi laser dan kamera guna mendeteksi benda-benda dan orang-orang di sekitar kendaraan.

Kepala Jaringan Transportasi Paris Elisabeth Borne membayangkan jika bus tersebut bisa digunakan sebagai penghubung rumah dengan stasiun kereta api di pinggiran kota atau jaringan kereta darat RERs. "Kami bermimpi suatu hari memiliki bus seperti ini diparkir di dekat stasiun RER yang akan datang untuk mengumpulkan penumpang sesuai permintaan," katanya kepada wartawan saat peluncuran.

Munculnya kendaraan swakemudi menimbulkan serangkaian pertanyaan terkait peraturan, etika dan ekonomi di mana pembuat kebijakan harus bergulat dengan teknologi yang semakin baik dan lebih luas.

Salah satu pertanyaan adalah, bagaimana dengan nasib para sopir bus?

"Kita harus mulai berpikir sejak hari ini bagaimana melatih driver sehingga mereka dapat pindah ke pekerjaan baru yang diciptakan kendaraan otonom," Missika.

Pada Oktober 2016, supir angkutan pengiriman merasa khawatir soal masa depannya saat sebuah truk yang dibangun Otto Uber berhasil melakukan pengiriman bir. Mobil dengan beberapa fungsi otonom juga sudah beredar di jalan-jalan antara lain dari BMW, Kia, Volkswagen dan General Motors yang berlomba-lomba menciptakan mobil swakemudi untuk pasar otomotif 2020.

ANTARA


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi