Honda Civic Nouva Jawara Modifikasi NMAA AutoPro 2017
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Minggu, 26 Februari 2017 17:07 WIB
Pengunjung mengamati mobil modifikasi saat pameran mobil Autopro 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, 23 Februari 2017. Pameran otomotif ini menghadirkan sejumlah mobil modifikasi yang menjadi minta pecinta otomotif di Indonesia. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Honda Civic Nouva berwarna hijau metalik milik Ricky Dianto dinobatkan sebagai pemenang modifikasi National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) di ajang AuroPro Indonesia, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu, 25 Februari 2017.

Menurut Ricky, Nouva kesayangannya ini mulai dibangun pada akhir 2014. "Ini gabungan dua mobil, Nouva tahun 1990 dan Honda Civic Type R tahun 2007," kata Ricky di usai pengumuman pemenang.

Bodi Nouva didapatkannya di Indonesia. Sedangkan jeroan Civic Type R dibeli di Malaysia. Proses membangun (modifikasi) mobil hingga benar-benar selesai, pada Kamis, 23 Februari 2017, tepat pada saat pameran AutoPro 2017 dimulai. Ricky mempercayakan modifikasi mobilnya di bengkel Firna Protechnik di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Belakangan, bengkel ini pindah ke Cipinang dengan nama baru R Speed Pro. Mobil modifikasi menjadi obyek foto pengunjung. TEMPO/Tony Hartawan. 

Dari hasil modifikasi, lanjut Ricky, mobil Nouva yang tersisa hingga saat ini praktis hanya bodi dan kaki-kaki. Sedangkan mesin, AC, dashboard kelistrikan, dan ECU menggunakan milik Civic Type R 2007.

Masih menurut Ricky, semula Nouva hijau dua pintu tersebut akan ia gunakan untuk balapan touring di Sirkuit Internasional Sentul. Sayangnya, mobil tersebut dinilai tidak cocok untuk balapan karena weight distribution kendaraan tidak seimbang. "Mesin Civic Type R ini terlalu besar dan penempatannya menjadi lebih maju di ruang mesin," ujarnya. Salah satu peserta mobil modifikasi, Ford 32. TEMPO/Fajar Januarta. 

Akibatnya, lanjut dia, weight distribution menjadi tidak seimbang. Sebanyak 67 persen lebih berat di depan, dan hanya 33 persen di bagian belakang. Padahal, mesin Civic Type R miliknya bertenaga dahsyat, 300 tenaga kuda! Angka ini didapat dari test dyno setelah mobil modifikasinya bisa dijalankan.

Dengan distribusi berat yang tidak seimbang ini, Ricky pernah menjajal Nouva bermesin Civic Type R keliling Sentul. Hanya beberapa lap dan tidak mencari laptime. "Setelah mencoba, ternyata tidak cocok. Ya sudah, kepalang tanggung dilanjutkan saja modifikasinya," tuturnya. Model sexy memeriahkan modifikasi NMAA. TEMPO/Maria Fransisca. 

Untuk membuat distribusi berat lebih seimbang, Ricky mengakalinya dengan memundurkan dasboard sejauh 30 centimeter. Begitu pula dengan posisi jok, juga dimundurkan 30 centimeter. Untuk menambah berat di bagian belakang, Ricky mengaplikasikan perangkat audio. "Sekarang komposisinya 60-40. Masih belum ideal, tapi jauh lebih baik untuk handlingnya," ujarnya.

Steering Committee NMAA Teddy Diesta mengatakan Honda Nouva milik Ricky memang pantas menjadi pemenang, menyisihkan 29 finalis mobil modifikasi. Sebelum babak final di AutoPro 2017 pada Sabtu, 25 Februari 2017, NMAA telah menjaring 420 mobil modifikasi. "30 unit terpilih masuk final, dan Honda Nouva Ricky dinobatkan sebagai pemenang," ujarnya. Mobil sangar Hummer dimodifikasi sedemikian rupa. TEMPO/Fajar Januarta. 

Teddy menambahkan, Nouva milik Ricky dinilai memiliki pengerjaan atau modifikasi yang menurut dewan juri sangat detail dan memenuhi kaidah-kaidah yang disyaratkan. "Ada banyak kaidahnya, tapi tidak mungkin saya sebut satu per satu. Contoh saja, atap dan kap mesin Nouva itu menggunakan karbon. Bukan sticker ya," katanya.

Menariknya, lanjut Teddy, beberapa modifikator luar negeri memuji beberapa beberapa unit mobil modifikasi yang dipamerkan di NMMA AutoPro ini. Salah satunya ya Honda Civic Nouva milik Ricky yang dinobatkan sebagai jawara.

WAWAN PRIYANTO

Baca:Toyota Sienta Modifikasi Ini Jadi Bintang AutoPro 2017Ini Rincian Biaya Modifikasi Datsun GO Panca di AutoPro 2017Bisnis Aftermarket dan Modifikasi Mobil Cerah

#Industri Otomotif

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi