Sedric, Mobil Swakemudi VW akan Diproduksi Akhir 2025
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Kamis, 9 Maret 2017 16:10 WIB
Mobil konsep Sedric yang diperkenalkan jelang cara International Motor Show ke-87 di Palexpo in Genewa, Swiss, 6 Maret 2017. Mobil Sedric dilengkapi dengan lima pemindai laser, tujuh kamera, serta beberapa sensor untuk mendukung kerja teknologi otonom. REUTERS/Arnd Wiegmann

TEMPO.CO, Jakarta -  Volkswagen Group (VW) tampaknya selangkah lebih maju dengan kompetitornya.

Raksasa otomotif asal Jerman yang juga produsen mobil nomer satu di dunia tersebut memulai debutnya dengan menciptakan konsep masa depan, yakni mobil yang dapat dikendaraai tanpa sopir (swakemudi). Seperti diberitakan CNN, mobil self-driving yang diberinama Sedric tersebut dipamerkan diajang pameran mobil International di Geneva Motor Show 2017, Swiss.

Mobil konsep tersebut berbeda dengan mobil konvensional pada umunya. Sedric tidak dihubungkan dengan kabel atau menggunakan stir, pedal gas atau rem, tetapi dioperasikan dengan tenaga listrik.

Baca Juga: Pameran Otomotif Detroit, Berlomba Pamerkan Mobil Swakemudi

Di bagian dalam kabin, tersedia  kursi untuk 4 penumpang yang dapat dikonfigurasikan menghadap ke depan semua atau saling berhadap-hadapan. Sementara, akses keluar masuk penumpang bisa dengan leluasa karena mengadopsi pintu model geser (sliding door). Uniknya, VW juga mendesain kabin lebih segar dengan menempatkan tanaman di bagian jendela belakang.

Sedric didesain sebagai mobil pintar. Mobil ini akan merespon setiap perintah yang diucapkan oleh pemilik. Di bagian depan, di kaca mobil, digunakan sebagai display komputer, navigasi dan informasi lainnya.

Sistem otonom (self driving) pada Sedric sepenuhnya dikendalikan oleh sistem komputerisasi oleh pusat data yang dapat mengantarkan pengguna ke lokasi tujuan. Untuk memanggil kendaraan tersebut, pemilik tinggal menekan sebuah tombol pada remote control.

Simak: Setelah Fiat, Google Gaet Honda Garap Mobil Otonom

Kepala Penelitian VW, Ulrich Eichhorn, mengatakan pihaknya berencana menggandeng produsen otomotif lain seperti Porsche dan Lamborghini dalam mengembangkan Sedric. VW optimistis mobil berkonsep self-driving akan memperoleh apresiasi dari penggemarnya Menurut rencana, VW Group ingin memulai produksi Sedric pada akhir 2025.

SWA.CO.ID

#Info Otomotif
#VW | Volkswagen

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi