Atasi Polusi, Pabrikan Otomotif Meksiko Kembangkan Taksi Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Jumat, 26 Mei 2017 23:03 WIB
Supercar Vuhl 05 merupakan mobil super yang ringan hasil produksi dari Meksiko. Vuhl dalam membuat supercar yang ringan ini menggandeng sejumlah perusahaan otomotif seperti Magna Steyr, Multimatic dan Ford. bbc.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan otomotif Meksiko, Giant Motors Latinoamerica, tengah mengembangkan purwarupa taksi elektrik untuk menggantikan taksi berbahan bakar minyak yang menimbulkan polusi udara di Mexico City.

Hal itu disampaikan CEO Giant Motors, Elias Massri, yang mengungkapkan pihaknya menggandeng manufaktur kendaraan listrik, Moldex, yang merupakan anak usaha dari produsen roti terkenal Meksiko, Grupo Bimbo.
 
Selain Moldex, Giant Motors juga menggandeng empat universitas di Meksiko guna memproduksi mobil ramah lingkungan yang diharapkan bakal menggantikan lebih dari 130.000 taksi terdaftar di Mexico City saat ini.
 
"Kami mengembangkan purwarupanya dan diharapkan rampung tahun ini untuk mencari solusi yang paling memungkinkan, sebuah kendaraan bertenaga listrik, yang sepenuhnya menggantikan mobil bertenaga minyak," kata Massri.
 
Asap hitam berulang kali membumbung di Mexico City, salah satu kota megapolitan terbesar di belahan bumi bagian Barat itu, kerap menimbulkan iritasi mata dan tenggorokan, bahkan memaksa otoritas setempat mengeluarkan peringatan terkait ancaman kesehatan hingga memerintahkan mobil tak turun ke jalan.
 
Dalam beberapa pekan terakhir kualitas udara di Mexico City, yang dihuni tak kurang dari 5,4 juta unit mobil, kian memburuk.
 
"Salah satu tantangan terbesar taksi di Mexico City adalah kerapnya jam kosong, sehingga mereka berputar keliling kota tanpa penumpang," kata Massri, sembari menambahkan bahwa taksi bertenaga listrik membutuhkan baterai lekas penuh namun tahan lama.
 
Giant Motors dan Moldex dalam beberapa tahun terakhir telah memproduksi dan menjual sedikitnya 500 unit truk ringan bertenaga listrik yang mampu mengangkut muatan hingga satu ton, yang menurut Massri, menjadi modal kuat untuk pengembangan taksi listri.
 
Giant Motors sebanyak 50 persen sahamnya dimiliki oleh miliarder Meksiko, Carlos Slim, lewat perusahaan miliknya, Grupo Financiero Inbursa, demikian Reuters.

ANTARA

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi