Pegawai Volkswagen di Portugal Mogok Kerja, Produksi Lumpuh
Reporter: Tempo.co
Editor: Anisa Luciana pdat
Kamis, 31 Agustus 2017 14:00 WIB
Volkswagen. AP/Ferdinand Ostrop

TEMPO.CO, Jakarta - Para pegawai di pabrik Volkswagen di Portugal pada Rabu, 30 Agustus 2017, melakukan aksi mogok kerja atas rencana shift kerja wajib hari Sabtu. Jadwal shift kerja hari sabtu ini dimaksudkan untuk memperlancar produksi sebuah model SUV kompak baru. Aksi mogok kerja tersebut mengakibatkan produksi lumpuh.

"Peserta mogok sangat banyak, produksi di pabrik berhenti total," kata Eduardo Florindo, kepala serikat SITE Sul, salah satu dari dua penggalang mogok selama 24 jam tersebut.

Pengenalan jadwal shift kerja hari Sabtu di pabrik Autoeuropa yang berlokasi di Palmela, sekitar 30 kilometer dari selatan ibu kota Lisbon, itu akan memudahkan produksi SUV kompak T-Roc baru yang direncanakan meluncur awal 2018.

Baca: Volkswagen Akan Menarik 281 Ribu Produknya di Amerika

Pabrik Autoeuropa yang dibuka pada 1995 dengan biaya dua miliar euro atau sekitar Rp31,7 triliun merupakan salah satu investasi asing terbesar di Portugal dan salah satu eksportir utama Portugal.

Fasilitas perakitan Volkswagen yang memiliki 3.500 pegawai itu tidak pernah dilanda aksi mogok selama lebih dari 20 tahun, kecuali saat terjadi pemogokan nasional.

ANTARA

#Info Otomotif
#VW | Volkswagen

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi