Touring Memakai Motor Mengasyikkan, Ini Tips Sebelum Berangkat
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 6 September 2017 22:12 WIB
Puluhan peserta dari berbagai negara Asia mengikuti rangkaian touring Honda Asian Journey 2016. Dok. AHM.

TEMPO.CO, Jakarta - Penggemar berpetualang dengan menggunakan sepeda motor (touring) makin marak di Indonesia, apalagi dengan meningkatnya jumlah populasi motor. Banyak orang yang melakukan touring sudah menjadi hobi. Namun tak sedikit juga, mereka hanya ingin menghilangkan kepenatan kerja selama beberapa hari dengan menjelajahi alam Indonesia.

Petualangan tersebut biasanya dilakukan berkelompok namun juga tak sedikit yang dilakukan secara solo rider. Petualang harus menyiapkan diri terhadap kemungkinan yang terjadi selama perjalanan. Mulai dari kerusakan motor hingga kecelakaan. Namun untuk meminimalisasi hambatan selama perjalanan, perlu adanya persiapan sebelum berangkat.

Baca: Agar Karet Wiper Tak Cepat Rusak

Akun resmi Astra Honda Motor, @welovehonda pada Senin 4 September 2017 membagikan sejumlah tips persiapan sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan motor. Berikut diantaranya:

1. Tentukan tujuan dan rute perjalanan. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenaui rute yang akan ditempuh mulai dari kondisi jalan, lingkungan selama perjalanan, akses fasilitas seperti bengkel, penginapan hingga anjungan tunai mandiri.

2. Perkiraan waktu tempuh perjalanan dan berilah toleransi yang cukup sehingga tidak terburu-buru untuk mencapai lokasi tujuan. Toleransi ini merupakan salah satu upaya agar tak terjadi kecelakaan.

3. Persiapkan sepeda motor, pastikan dalam kondisi prima. Periksa part-part fast moving seperti ban, kampas rem dan lain-lain. Kalau perlu menyiapkan part tambahan untuk antisipasi kerusakan saat terjadi di daerah yang jauh dari kawasan penduduk.

4. Persiapkan fisik, pastikan kondisi fisik Brosis dalam kondisi yang bugar. Kalau bisa, usahakan untuk melakukan peregangan otot. Hal ini untuk menghindari kram otot saat perjalanan.

5. Siapkan kelengkapan yang lain seperti kunci-kunci, obat-obatan, dan uang cash.

6. Menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara (safety gear), mulai dari jaket, helm, sarung tangan, sepatu ,dan lain-lain. Hal ini untuk menghindari resiko cidera parah saat terjadi kecelakaan selama perjalanan.

EKO ARI

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi