Mengintip Perakitan Mitsubishi Xpander di Pabrik Cikarang
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 7 Februari 2018 19:47 WIB
Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga 160 ribu per tahun. Mitsubishi Xpander ditargetkan diproduksi sebanyak 5.000 unit per bulan. 3 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) mengajak sejumlah media, termasuk Gooto.com, untuk melihat proses produksi Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Pajero Sport di pabrik mereka yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama-tama Mitsubishi membagi sejumlah media kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok dipimpin oleh satu guide. Kelompok digiring menuju ruang stamping untuk memulai acara plant tour tersebut.

Baca: Mitsubishi Xpander Segera Diekspor ke Filipina

Proses welding Mitsubishi Xpander di Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekas, 7 Februari 2018. Dok. MMKSI

Di bagian stamping seluruh prosesnya menggunakan tenaga robot. Hal tersebut untuk menunjang produktivitas karena robot mampu melakukan 10 stroke per menit.

Setelah melihat proses di bagian Stamping, rombongan diajak ke bagian Welding yang berada satu gedung dengan bagian stamping. Di bagian Welding, rombongan diajak melihat proses pengelasan bodi mobil sebelum dicat. Di bagian ini satu line hanya bisa melakukan proses satu model. Namun, Mitsubishi tidak menutup kemungkinan satu line bisa memproses lebih dari satu model di masa depan.

Proses pemasangan kaca Mitsubishi Xpander di Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi, 7 Februari 2018. Dok. MMKSI

Rombongan lalu diajak menuju gedung lainnya untuk melihat proses Assembling. Di sini, mobil sudah melewati proses painting dan tinggal melakukan finishing. Sayangnya rombongan tidak diperkenankan untuk melihat proses painting karena alasan keamanan.

Simak: Mitsubishi Xpander Jalani Uji Tabrak ASEAN NCAP, Simak Hasilnya

Di bagian Assembling, pintu mobil dicopot untuk memudahkan memasang seluruh komponen interior. Komponen tersebut sudah tersusun rapih di satu rak bernama kit supply system. "Tujuannya untuk memudahkan proses dan agar tidak ada komponen yang tertinggal," ujar Staff Assembling MMKI, Eka Priyono yang saat itu menjadi guide kelompok.

Uji coba kebocoran pada Mitsubishi Xpander di Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi, 7 Februari 2018. Dok. MMKSI

Setelah pemasangan komponen interior, mobil dipasangkan cairan AC, Oli, Bensin, Kaca, Ban dan komponen akhir lainnya seperti instrumen panel. Setelah itu, karyawan melakukan final inspection untuk menguji rem, lampu dan lain sebagainya. Setelah itu mobil dimasukan ke ruang yang berisi mesin penyemprot air untuk menguji kebocoran pada bodi mobil.

Setelah seluruh proses sudah selesai, mobil yang lolos rangakaian uji coba dipindahkan ke lapangan parkir. Mitsubishi Xpander siap dikirim ke dealer.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi