Mobil Konsep Daihatsu Ini Tak Kalah dari Mitsubishi Xpander
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 16 Maret 2018 13:52 WIB
Mobil konsep Daihatsu DN Multisix yang dipamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, Tangerang, 14 Agustus 2017. Kedua mobil konsep Daihatsu baru pertama kali dipamerkan di dunia ini, Multi Purpose Vehicle (MPV) DN Multisix dan DN F-Sedan, menerapkan suicide door type. TEMPO/Fajar Januarta
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Daihatsu gencar memamerkan mobil konsep yang bermain di segmen Low MPV maupun mini crossover. Dua di antaranya adalah mobil konsep DN Trac dan DN Multisix.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Istimewanya, DN Multisix menjalani debut internasionalnya di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus 2017. Model ini kemudian diboyong ke Jepang untuk dipamerkan di pameran otomotif Tokyo Motor Show pada Oktober 2017.

Baca: Gantengnya Toyota Avanza Tigre, Tak Kalah dari Mitsubishi Xpander

Di pameran serupa, Daihatsu juga melakukan debut untuk mobil konsep DN Trac, mobil crossover mungil. Daihatsu mengklaim bahwa model konsep itu merupakan hasil pengembangan Daihatsu Jepang dan Indonesia. 

Pengunjung melihat mobil konsep Daihatsu DN Multisix yang dipamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, Tangerang, 14 Agustus 2017. Kedua mobil konsep Daihatsu DN Multisix, dilengkapi head lamp, DRL dan panoramic roof yang memberikan kesan modern dan agresif. TEMPO/Fajar Januarta

Dari sisi desain dan penampilan, tak ada yang aneh pada kedua mobil itu, layaknya mobil-mobil konsep pada umumnya yang tampil sangat futuristik. Tampilannya tak ubahnya seperti mobil yang siap untuk masuk jalur produksi.

Baca: Penjualan Daihatsu Xenia Custom Ditargetkan 150 Unit per Bulan

Sayang mobil konsep itu belum akan masuk jalur produksi, setidaknya dalam waktu dekat ini. "Belum ada rencana hingga saat ini," kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor di sela-sela All New Daihatsu Sirion Media Test Drive di Tangerang, Kamis, 15 Maret 2018.

Video mobil konsep DN Multisix di GIIAS 2017.

Secara dimensi, DN Multisix sedikit lebih besar dibanding Daihatsu Xenia. Bisa dibilang seukuran dengan All New Daihatsu Terios. Namun, model ini jelas diplot masuk di segmen MPV. Jika kelak diproduksi, kemungkinan besar berdampingan dengan Daihatsu Sigra dan Daihatsu Xenia.

Secara teknis, DN Multisix memiliki dimesi panjang 4.310 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.605 mm. Model ini kemungkinan akan dibekali mesin 1.5L. Mesin ini memiliki kapasitas sama dengan All New Daihatsu Terios. Tenaga dari mesin ini kemungkinan besar disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi otomatis (CVT).

Seorang model berpose di samping mobil konse yang diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Daihatsu Ultra Function Compact (UFC-2) dalam pameran Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS) di Ji Expo Kemayoran, Jakarta, (26/9). Tempo/Fardi Bestari

Pada 2012, Daihatsu juga memamerkan model konsep seukuran Daihatsu Xenia. Namanya Ultra Function Concept (UFC), berkapasitas 7 penumpang. model ini memiliki dimensi panjang 4.050 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.585 mm.

Simak: Begini Jadinya Kalau Toyota Avanza 'Disiksa' di Jalan Berlumpur .

Ground clearance mobil ini cukup tinggi, mencapai 190 mm. Di balik kap mesin, diperkirakan menggunakan mesin 1.300 cc 4 silinder SOHC. Kira-kira model mana yang akan menjadi penerus Daihatsu Xenia-Toyota Avanza?

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi