Toyota C-HR Meluncur 10 April 2018, Simak Fitur Canggihnya
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 5 April 2018 10:12 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya memastikan jadwal peluncuran Toyota C-HR di Indonesia. Dari undangan yang diterima Tempo, mobil crossover medium itu akan diluncurkan pada Selasa, 10 April 2018 di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Beberapa waktu lalu, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto sudah lebih dahulu memastikan bahwa Toyota C-HR hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini. Soerjo berjanji akan segera memberikan informasi detail tentang Toyota C-HR, termasuk soal harga, waktu peluncuran, dan spesifikasinya. “Saat ini kami sedang dalam tahap persiapan,” kata Soerjo kepada Tempo, Selasa, 27 Maret 2018.

Baca: Toyota C-HR Segera Dipasarkan, Ini Kisaran Harganya

Dealer Toyota bahkan sudah mulai menawarkan crossover yang akan berhadapan dengan Honda HR-V 1.8L dan Mazda CX-3 ini. "Sudah bisa dipesan mulai April nanti, tanda jadi Rp 5 juta," tulis sales mobil Toyota dari sebuah dealer di Jakarta akhir Maret lalu.

Interior Toyota C-HR yang dipamerkan di showroom mewah Toyota Mega Web di Odaiba, Tokyo, Jepang, 28 November 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

Sumber Tempo di Toyota Indonesia memastikan bahwa Toyota C-HR yang akan dipasarkan menggunakan mesin 1.8L, sama seperti yang dipasarkan di Malaysia. Di Thailand, mesin juga digunakan pada Toyota Corolla Altis terbaru.

Operation Manager Astrido Toyota Budi Antony pada Rabu, 29 Maret 2018, membocorkan sedikit informasi terkait harga Toyota C-HR. "Rentang harganya sekitar Rp 450 - Rp 500 juta," kata Budi di sela-sela pelepasan touring MPV Toyota lintas negara Indonesia - Timor Leste di Astrido Toyota Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Simak: Pengetesan Performa Toyota C-HR: Sesuai Ekspektasi

Dari berbagai sumber yang dihimpun Tempo, Toyota C-HR dibekali beragam fitur keselamatan yang terus dikembangkan, yakni Toyota Safety Sense sebagai fitur standar. Fitur-fitur keselamatan canggih itu di antaranya Pre-Collision System yang mengingatkan ketika ada potensi tabrakan termasuk sensor pejalan kaki, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert dengan steering control, Automatic High Beam dan Road Sign Assist.

Pre-Collision System akan memberikan peringatan pada kecepatan sekitar 10 kilometer per jam atau lebih mendeteksi adanya kendaraan lain atau pejalan kaki yang berpotensi terjadi tabrakan. Peringatan tersebut muncul lewat suara dan layar instrumen MID.

Toyota C-HR dikabarkan segera masuk pasar Indonesia. Sejumlah dealer Toyota akan membuka pemesanan mobil ini pada mulai April 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Fitur ini mengandalkan kamera depan dan sensor khusus. Pada saat yang sama, Pra-Collision Brake Assist akan memberikan tambahan pengereman saat pedal rem ditekan. Jika sistem menentukan bahwa potensi tabrakan frontal dengan kendaraan atau pejalan kaki tinggi, rem secara otomatis akan aktif untuk membantu menghindari tabrakan atau membantu mengurangi dampak tabrakan.

Baca: Simak Fitur Canggih yang Ada di Toyota C-HR SUV

Selanjutnya, Kontrol Cruise Adaptif akan menggunakan sensor yang sama untuk menjaga jarak aman dari kendaraan di depan, dan memperlambat kecepatan mobil. Lane Departure Alert akan mengingatkan pengemudi ketika mobil keluar dari jalur marka yang benar. Tentunya, sistem ini akan meringankan pengendara memutar kemudi.

Pada sistem Automatic High Beam bisa mengurangi resiko kecelakaan saat berkendara malam hari. Sistem ini akan mengenali lampu kendaraan yang akan datang di depannya, secara otomatis mengalihkan sinar lampu depan lebih rendah untuk menghindari pengemudi lainnya silau. Road Sign Assist memberikan peringatan pengemudi soal kondisi jalan di depan.

Simak video interior Toyota C-HR

Tak hanya sistem keamanan yang canggih, Toyota C-HR juga menyematkan sistem yang membantu pengemudi yaitu Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert. Blind Spot Monitor menggunakan sensor yang dipasang di sudut belakang kendaraan untuk mendeteksi kendaraan di dekatnya yang tak terlihat sehingga menghindari potensi bersinggungan. Nantinya, pengemudi diingatkan dengan lampu LED. Toyota C-HR juga menawarkan sistem Simple Intelligent Parking Assist (S-IPA) baru yang menggunakan berbagai sensor untuk mengidentifikasi ruang parkir bisa tepat tanpa menyenggol mobil lain.

Baca: Pemesanan Toyota C-HR Dimulai, Tanda Jadi Rp 5 Juta

Di sektor hiburan, Toyota C-HR juga memberikan kepuasan bagi penggunanya. Diantaranya, penggunaan sistem audio premium JBL yang dibuat khusus yang terdiri dari amplifier stereo 8-channel, 576 Watt dan 9-speaker, termasuk sistem gelombang JBL akustik yang baru dipatenkan dan dikenal sebagai horn tweeter. JBL yang dipasang telah bersertifikasi THX. Sistem ini memberikan reproduksi suara terbaik di segmen Crossover. Toyota juga memberikan kabin yang cukup kedap sehingga suara audio yang jernih. Posisi penempatan sistem audio pun diatur sedemikian rupa agar mampu memberikan hasil maksimal.

#Toyota C-HR
#Honda HR-V
#Mazda

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi