Persaingan 2 SUV Kompak Toyota C-HR dan Nissan Kicks
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 7 April 2018 19:09 WIB
Nissan Kicks pesaing Toyota C-HR. Sumber: nissannews.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Astra Motor akan meluncurkan Toyota C-HR, SUV kompak pada Selasa 10 April 2018. Nissan memiliki jagoan untuk memukul balik Toyota C-HR. Nissan Kicks dan Toyota C-HR memiliki target yang sama yaitu para lajang atau pasangan baru yang mencari gaya unik, teknologi, fungsionalitas dan fitur keamanan canggih dengan harga terjangkau.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Menariknya SUV kompak sebagai segmen baru yang merupakan kombinasi dari utilitas, fleksibelitas dan memberikan nilai tinggi bagi pembeli kendaraan baru di perkotaan," kata Dan Mohnke, Vice President Senior untuk Penjualan, Pemasaran dan Operasional Nissan America Utara. "Di mana Nissan Kicks yang baru memberikan gaya yang berani, teknologi, nilai dan keekonomian bahan bakar mencapai 33-mpg."

Lahirna Nissan Kicks mempertahankan isyarat desain dasar yang diambil dari Konsep Kicks - pertama kali ditampilkan pada 2014 di São Paulo Motor Show. Dibawah kendali Nissan Global Design Center di Jepang, Nissan Kicks adalah hasil kerjasama erat antara Nissan Design America (NDA), yang berbasis di San Diego, dan studio Nissan di Rio de Janeiro Nissan.

Nissan Kicks memiliki desain khas Nissan dengan gril V-Motion Nissan, lampu depan dan lampu belakang model bumerang yang sudah LED, dan atap yang membungkus kaca. Khususnya, dengan pilar C lebar "tersembunyi" dengan sentuhan hitam yang menyatu dengan kaca pintu belakang menjadikan atap seolah mengambang. Secara aerodinamika pun dipertimbangkan sehingga mampu mengurangi tingkat kebisingan di kabin. Model ini juga diterapkan pada Toyota C-HR meski sedikit sentuhan berbeda.

Baca: 3 Mobil Baru Segera Dipasarkan, Toyota C-HR Duluan

Fitur eksterior seperti Headlight Intelligent Auto standar (I-AH) dengan sensitivitas dan timing yang dapat disesuaikan, lampu belakang LED, lampu kabut. Kicks dipasarkan dengan tujuh warna memukau dengan menampilkan beberapa warna kontras seperti merah dan oranye.

Nissan Kicks memiliki desain interior berkualitas dan futuristik di kabin dengan fitur inovatif yang mampu memenuhi keinginan konsumen yang haus teknologi. Interior menjanjikan ruang penumpang yang cukup di bagian belakang - meskipun desain atap seperti coupe.

Pengemudi akan menikmati desain dasbor "Gliding Wing" Nissan modern dan sederhana dengan layar warna 7 inci. Sistem infotaimentnyalengkap dengan konektivitas Apple CarPlay ™ dan Android Auto ™. Kicks juga menawarkan tiga pilihan antarmuka untuk mengakses media sosial - NissanConnectSM, Apple CarPlay ™ atau Android Auto ™. Dan, untuk pengalaman audio terbaik, Paket Premium Kicks SR mencakup sistem suara Bose® Personal® Plus kelas-eksklusif.

Nissan Kicks dilengkapi dengan mesin 1.6-liter DOHC 16-valve 4-silinder dengan Continous Variable Valve Timing Control System (CVTCS). Mesin ini memiliki kekuatan 125 tenaga kuda dan torsi 115 lb-ft. Dibantu oleh transmisi Xtronic yang halus dan efisien, Kicks memiliki keekonomian bahan bakar yang diantisipasi pada gabungan 33 mpg.

Kicks juga menawarkan Traction Control System (TCS) standar, Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Hill Start Assist (HSA), cakram depan dan teromol belakang dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan power steering elektrik. Kicks SR mencakup Modul Kontrol Dinamis Terpadu (IDM) untuk membantu memberikan kenikmatan berkendara pada kecepatan tinggi.

Toyota C-HR dibekali beragam fitur keselamatan yang terus dikembangkan, yakni Toyota Safety Sense sebagai fitur standar. Fitur-fitur keselamatan canggih itu di antaranya Pre-Collision System yang mengingatkan ketika ada potensi tabrakan termasuk sensor pejalan kaki, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert dengan steering control, Automatic High Beam dan Road Sign Assist.

Baca: Toyota C-HR Segera Dipasarkan, Ini Kisaran Harganya

Pre-Collision System akan memberikan peringatan pada kecepatan sekitar 10 kilometer per jam atau lebih mendeteksi adanya kendaraan lain atau pejalan kaki yang berpotensi terjadi tabrakan. Peringatan tersebut muncul lewat suara dan layar instrumen MID.

Fitur ini mengandalkan kamera depan dan sensor khusus. Pada saat yang sama, Pra-Collision Brake Assist akan memberikan tambahan pengereman saat pedal rem ditekan. Jika sistem menentukan bahwa potensi tabrakan frontal dengan kendaraan atau pejalan kaki tinggi, rem secara otomatis akan aktif untuk membantu menghindari tabrakan atau membantu mengurangi dampak tabrakan.

Selanjutnya, Kontrol Cruise Adaptif akan menggunakan sensor yang sama untuk menjaga jarak aman dari kendaraan di depan, dan memperlambat kecepatan mobil. Lane Departure Alert akan mengingatkan pengemudi ketika mobil keluar dari jalur marka yang benar. Tentunya, sistem ini akan meringankan pengendara memutar kemudi.

Pada sistem Automatic High Beam bisa mengurangi resiko kecelakaan saat berkendara malam hari. Sistem ini akan mengenali lampu kendaraan yang akan datang di depannya, secara otomatis mengalihkan sinar lampu depan lebih rendah untuk menghindari pengemudi lainnya silau. Road Sign Assist memberikan peringatan pengemudi soal kondisi jalan di depan.

Tak hanya sistem keamanan yang canggih, Toyota C-HR juga menyematkan sistem yang membantu pengemudi yaitu Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert. Blind Spot Monitor menggunakan sensor yang dipasang di sudut belakang kendaraan untuk mendeteksi kendaraan di dekatnya yang tak terlihat sehingga menghindari potensi bersinggungan. Nantinya, pengemudi diingatkan dengan lampu LED. Toyota C-HR juga menawarkan sistem Simple Intelligent Parking Assist (S-IPA) baru yang menggunakan berbagai sensor untuk mengidentifikasi ruang parkir bisa tepat tanpa menyenggol mobil lain.

Baca: Pemesanan Toyota C-HR Segera Dibuka, Simak Viedonya

Di sektor hiburan, Toyota C-HR juga memberikan kepuasan bagi penggunanya. Diantaranya, penggunaan sistem audio premium JBL yang dibuat khusus yang terdiri dari amplifier stereo 8-channel, 576 Watt dan 9-speaker, termasuk sistem gelombang JBL akustik yang baru dipatenkan dan dikenal sebagai horn tweeter. JBL yang dipasang telah bersertifikasi THX. Sistem ini memberikan reproduksi suara terbaik di segmen Crossover. Toyota juga memberikan kabin yang cukup kedap sehingga suara audio yang jernih. Posisi penempatan sistem audio pun diatur sedemikian rupa agar mampu memberikan hasil maksimal.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi