Suzuki Swift Sport 2018 Tampil Garang, Simak Spesifikasinya
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 20 Mei 2018 16:00 WIB
Suzuki Swift Sport 2018 (Netcarshow)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - All New Suzuki Swift Sport menjalani debut global di Frankfurt Motor Show 2017. Swift Sport generasi ketiga ini memiliki gaya yang lebih rendah, lebih lebar, dan styling yang lebih agresif, dan rasio torsi ke bobot yang ringan menghasilkan performa tinggi pada Swift Sport. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami tahu bahwa pelanggan kami menghargai pengalaman mengemudi yang dinamis di atas segalanya. Jadi kami telah membuat Swift Sport baru lebih ringan, lebih cepat, dan lebih merangsang dalam segala hal," kata kepala teknisi Swift Sport Masao Kobori seperti dikutip dari netcarshow.com, 19 Mei 2018.

Baca: Alasan Suzuki Indonesia Belum Memasukkan Swift

Dengan mesin 1.4 BOOSTERJET  yang menghasilkan torsi 230Nm, dan bobot total yang berkurang 80kg dari pendahulunya, Swift Sport diklaim lebih ringan dan lebih cepat. Model mungil ini berevolusi menjadi mobil sport bertenaga.

Mesin bensin 1.4 BOOSTERJET memberikan kekuatan tinggi dengan ekonomi bahan bakar yang baik. Turbocharger baru membantu mesin menghasilkan torsi yang maksimal di putaran rendah. Sementara pada sistem perpindahan bahan bakar lebih kecil jadi lebih irit dan teknologi injeksi mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Suzuki Swift Sport 2018 (Netcarshow)

Sistem injeksi bahan bakar langsung dilengkapi dengan tujuh lubang (nozel) injektor. Memungkinkan peningkatan tekanan bahan bakar dan injeksi bahan bakar yang sangat ter-atomisasi. Sehingga menghasilkan output mesin yang lebih tinggi dan knalpot yang lebih bersih.

Sistem turbocharger dilengkapi dengan kontrol katup wastegate yang otomatis ke posisi tertutup untuk memberikan respon yang baik dalam berkendara normal. Dan terbuka untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar.

Suzuki Swift Sport ini bertumpu pada platform HEARTECT. Sebuah platform Suzuki generasi baru yang memberikan peningkatan kinerja kendaraan secara fundamental melalui bobot ringan dan kekakuan chassis lebih tinggi. 

Baca: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Suzuki Swift

Perombakan menyeluruh struktur bagian bawah bodi dan tata letak komponen menghasilkan penggantian bingkai tersegmentasi dari platform sebelumnya. Bingkai baru dicirikan oleh bentuk yang halus dan melengkung, secara efisien menyebarkan energi dan meningkatkan keamanan saat terjadi tabrakan.

Kekakuan bodi secara keseluruhan lebih ditingkatkan dengan peningkatan pada sistem pengelasan. Hal ini berdampak pada membaiknya tingkat linearitas dan kontrol kemudi. 

Selain platform HEARTECT dan bodi TECT yang ringan juga dapat menyerap goncangan. Optimalisasi bagian interior, kursi, dan komponen lain secara keseluruhan menghasilkan total berat hanya 970 kilogram. 

Rasio torsi ke bobot dari Swift Sport baru sekitar 4,2 kg / Nm, menjadikannya salah satu model sport paling kompetitif di pasar. 

Suzuki Swift Sport 2018 (Netcarshow)

Fitur lain dari mesin 1.4 BOOSTERJET adalah sistem kontrol tekanan bahan bakar variabel yang mengurangi materi partikular dan nomor partikel. Lalu kontrol sensor tekanan udara intake ganda untuk respons lebih tinggi. 

Kemudian intercooler berpendingin udara untuk meningkatkan efisiensi volumetrik dengan mendinginkan udara masuk. Dan port intake manifold pendek, kepala silinder exhaust manifold integrated, dan sistem pemasangan tipe bandul untuk bobot ringan dan kekompakan. 

Untuk mencapai pemindahan gigi yang gesit, perangkat tambahan disematkan ke transmisi manual 6 percepatan yang digunakan pada Suzuki Swift Sport sebelumnya. Kekuatan aktuatif telah disetel untuk meningkatkan kelancaran pergeseran dan meningkatkan umpan balik pengemudi.  

Baca: Hari Pertama Dijual, Pemesanan Suzuki Swift Capai 40 Ribu Unit

Sesuai dengan posisinya sebagai model sport andalan Suzuki, kemampuan penanganan lanjutan yang ditemukan pada model Swift Sport sebelumnya telah lebih disempurnakan di Suzuki Swift Sport baru.

Tercatat dari pendahulunya, Swift Sport baru menggunakan peredam kejut depan Monroe, yang memiliki reputasi untuk kinerja tinggi. Roda kemudi dan bantalan roda telah dibuat menjadi satu unit, dan lebar antara bantalan telah diperluas. Sehingga menghasilkan peningkatan 15 persen dalam kekakuan camber selama menikung.  

Suspensi belakang dirancang khusus untuk memastikan stabilitas yang unggul bahkan pada kecepatan tinggi. Lengan trailing dirancang dan dikembangkan secara eksklusif untuk Swift Sport baru untuk meminimalkan deformasi saat menikung. Kekakuan kaki-kaki model baru telah ditingkatkan sebanyak 1,4 kali dibandingkan dengan pendahulunya.  

Swift Sport menampilkan desain frontal eksklusif. Grill depan dan bumper memproyeksikan  melampaui standard Swift. Menyampaikan rasa tegang dan tindakan cepat dengan bahu yang berotot. pilar A gelap dan lampu depan dan belakang yang diatur secara vertikal. 

Kemajuan dalam kinerja dan nuansa berkendara dari Suzuki Swift Sport baru telah dicocokkan dengan fitur keamanan yang signifikan, termasuk dukungan rem sensor ganda.

NETCARSHOW | WISNU ANDEBAR

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi