Suzuki Swift Bertransmisi 6 Speed Akan Dirilis, Tambah Irit
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 13 Maret 2018 20:15 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Maruti Suzuki dikabarkan akan memperbaharui transmisi produk mesin berkapasitas 1.500cc yang selama ini menggunakan 5 speed dengan 6 speed. Mesin dengan gearbox 6 percepatan ini diberi nama dengan kode MF30 dan diklaim akan meningkatkan performa mobil. Mobil pertama yang akan mengalami pembaharuan adalah Suzuki Swift.

Meski demikian, Maruti Suzuki belum memberikan secara pasti mobil pertama yang akan menggunakan plafom mesin ini. Saat ini, mesin 1,5 liter Suzuki digunakan Baleno, Vitara Brezza, dan Ciaz akan menggunakan gearbox gigi yang baru. Penambahan gigi keenam hadir dengan beberapa kelebihan. Keuntungan utama adalah peningkatan performa.

Baca: Baleno dan Swift, Dua Andalan Hatchback Suzuki

Gearbox 6-speed baru juga akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan membantu dalam kecepatan jelajah yang nyaman tanpa menekan mesin. Misalnya, seseorang bisa melaju di kecepatam 80-100 kilometer per jam pada gigi keenam, bukan yang kelima. Ini akan memperbaiki efisiensi bahan bakar secara keseluruhan dan mengurangi tekanan pada mesin.

Sebelumnya, Maruti Suzuki telah memperkenalkan gearbox 6-speed pada SX4 S-Cross gen pertama. SX4 S-Cross menggunakan mesin diesel 1.6 liter dikawinkan dengan gearbox 6-speed. Maruti Suzuki memutuskan untuk menawarkan gearbox 6 percepatan adalah karena persaingan.

Baca: Suzuki Swift Terbaru di Thailand Pakai Mesin 1,2 Liter

Misalnya, mobil Hyundai seperti Elite i20, Verna, Creta dan Elantra memiliki gearbox 6 percepatan. Tata Motors juga menawarkan gearbox 6 percepatan pada Nexon dan Hexa. Renault Captur, Duster dan Lodgy pun memanfaatkan gearbox 6-speed. Maruti Suzuki telah mendominasi di pasar mobil India dengan mobil-mobil populer seperti Alto, Suzuki Swift dan Vitara Brezza. Namun semua mobil tersebut dilengkapi dengan gearbox 5 kecepatan. Dengan diperkenalkannya transmisi 6 kecepatan, mobil akan memberikan performa yang lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

DRIVESPARK


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi