Ini Penyebab Nissan Terra Kurang Perkasa Saat Melewati Banjir
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 1 Juni 2018 15:20 WIB
Nissan Motors akan meluncurkan All New Nissan Terra di Cina tahun ini. Model ini merupakan SUV 7 penumpang yang berhadapan langsung dengan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Isuzu mu-X. (Nissan).
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Nissan Terra adalah salah satu mobil baru yang paling dinantikan pada 2018. Namun ada satu detail yang tidak diumumkan dengan bangga saat peluncuran: kemampuan melewati kedalaman atau ketinggian air.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Inilah Keunggulan New Nissan Terra

Saat menjajal Nissan Terra di sekitar Gunung Pinatubo, Filipina, Chief Engineer Nissan Terra Hinori Awano akhirnya mengungkapkan apa yang dapat dilakukan Terra saat melewati genangan air. Nissan Terra hanya mampu melewati kedalaman air sekitar 450 milimeter (mm). "Kami dapat menjamin bahwa Terra Nissan dapat melalui 450 mm air," kata Hinori Awano.

Angka tersebut terdengar sangat rendah dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Isuzu mu-X (600 mm), Toyota Fortuner (700 mm), Mitsubishi Montero Sport (700 mm), Chevrolet Trailblazer (800 mm), dan Ford Everest (800 mm). Padahal salah satu fitur yang menjadi unggulan mobil sport utility vehicle (SUV) adalah ketika melewati genangan air. Apalagi sebagian besar kawasan Asia Tenggara rawan banjir dan genangan. Spesifikasi untuk melewati genangan tersebut sama dengan produk sebelumnya, Nissan Navara.

 

Baca: Duel Nissan Terra dan Toyota Pajero, Siapa yang Unggul?

Padahal SUV kecil seperti Ford EcoSport secara resmi diklaim oleh Ford mampu mengarungi genangan air hingga 550 mm. Ada apa dengan Nissan Terra? "Kemampuan mengarungi 450 mm adalah apa yang kami jamin bahwa Nissan Terra dapat melewatinya tanpa masalah," kata Awano. "Terra telah diuji untuk melewati air yang lebih dalam, tapi kami tidak dapat secara resmi menyatakan berapa ketinggian maksimum karena terlalu banyak faktor yang terlibat."

AUTOINDUSTRIYA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi