Inilah Makna Nomor 69 di Motor Cafe Racer Gibran Rakabuming
Reporter: Ahmad Rafiq (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 2 September 2018 11:45 WIB
Gibran Rakabuming bersama pemilik Rich Richie Ride Garage Eko Sutanto di ajang Burnout 2018 di Sentra Niaga Solo Baru, Sabtu 1 September 2018. TEMPO/Ahmad Rafiq
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, diketahui memiliki dua sepeda motor custom. Dua motor itu berupa CB 125 bergaya cafe racer dan Royal Enfield 500 bergaya bobber.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Motor cafe racer miliknya digarap oleh Rich Richie Ride Garage (RRRG) yang bermarkas di Solo. Motor yang pernah mejeng di Indonesia Internasional Motor Show itu berkelir biru-putih dengan nomor lambung 69.

Baca: Gibran Rakabuming Turing Naik Royal Enfield di Burnout 2018

Saat ini, motor itu juga dipajang dalam ajang Burnout 2018 yang digelar di Sentra Niaga Solo Baru, Sabtu, 1 September 2018. Saat ditanya mengenai makna angka 69 itu, Gibran malah tersenyum. "Memangnya itu angka?" katanya balik bertanya.

Dia lantas menjelaskan bahwa tulisan yang seperti nomor lambung itu ternyata huruf. "Itu huruf GG, tapi dibuat seperti angka," katanya. Saat ditanya apakah huruf itu inisial dari namanya, lagi-lagi dia hanya tersenyum.

Motor milik pengusaha katering itu digarap sejak Oktober tahun lalu. Semula, motor itu dalam kondisi custom bergaya japstyle. Namun, akhirnya Gibran meminta RRRG untuk mengubahnya menjadi caferacer.

Baca: Restorasi Motor Tua Jadi Baru, Ini Perkiraan Biayanya

Modifikasi dilakukan dengan memotong rangka bagian belakang dan dibuatkan rangka baru. Sedangkan bagian garpu depan diganti milik Tiger Revo. Tentu saja bagian stang diubah menggunakan stang jepit berposisi rendah.

RRRG juga merancang bodi motor, seperti fairing, tangki, dan hornet, sesuai dengan konsep cafe racer full fairing. Bodi baru itu dibuat secara handmade menggunakan bahan galvanis setebal 1,2 milimeter dan dicat dengan warna kombinasi biru-putih. Mesin motor itu dibiarkan standar, hanya ditambahi electric starter. Pengapian makin stabil lantaran platina diganti dengan CDI.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi