Analisa OLX Soal Mobil MPV Masih Menjadi Buruan Pembeli
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 1 November 2018 11:46 WIB
Produk unggulan Toyota Avanza masih menjadi raja penjualan mobil hingga 2017. Mobil keluarga yang pertama kali diluncurkan 2003 ini mencatat penjualan 109.488 unit. Toyota Avanza menggunakan mesin berkapasitas 1,3 liter dan 1,5 liter dengan Dual VVT-i yang membuat mobil menjadi lebih irit bahan bakar, torsi lebih meningkat serta ramah lingkungan. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pertumbuhan kendaraan bermotor terutama mobil di Indonesia membawa dampak positif bagi situs jual beli, salah satunya OLX. Setidaknya, terdapat lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX, setiap tahunnya. Permintaan pun tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi juga kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jual beli mobil telah mengakar kuat pada bisnis OLX, sejak awal platform ini beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil, di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer. Hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya. “Kecepatan menjual dan jangkaun yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya, di OLX,” kata Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia, Rabu 31 Oktober 2018.

Baca: Resmi Masuk Indonesia, BMW X2 Jadi Model M Sport X Pertama

Para dealer yang memanfaatkan OLX untuk bisnisnya mengungkapkan bahwa mobil 7- seater masih menjadi favorit banyak pembeli. Ini dapat dilihat dari merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX, yaitu Toyota Avanza. Dari tahun ke tehun, mobil ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

Selaras dengan ungkapan para dealer di OLX, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang terjangkau dan efisiensi bahan bakar menjadi daya tarik bagi Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil setipe lainnya.

Honda Jazz X-Cross. Sumber: caradvice.com

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh jasa penyewaan mobil untuk mengantar turis berkunjung ke berbagai tempat rekreasi. Beberapadealer di OLX menginformasikan bahwa mereka memiliki persediaan Toyota Avanza yang tinggi karena harga jual yang tetap stabil, meskipun telah digunakan selama tiga hingga lima tahun.

Di urutan kedua terdapat Honda Jazz. Selain menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh penguna OLX, dari sisi suplai, mobil ini juga menempati urutan kedua. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga 105 juta – 180 juta rupiah di OLX, dan banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Baca: Proton X70 Laris Manis, Mobil Esemka Baru Akan Diluncurkan

Menurut informasi para dealer, Honda Jazz paling banyak dicari oleh wanita, khususnya ibu muda dan mahasiswi. Ukurannya yang compact, pilihan warna yang beragam, serta efisiensi bahan bakar, menjadi daya tarik utama dari mobil ini. Selain itu, harga jual Honda jazz cukup dinilai cukup stabil oleh para dealer, meskipun telah digunakan 2 – 3 tahun.

Dari segi segmen mobil, MPV menempati urutan pertama sebagai mobil yang paling banyak dicari oleh pengguna OLX. Diurutan selanjutnya terdapat Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck secara berurut. Toyota Avanza pun masih menempati posisi pertama sebagai mobil MPV yang paling banyak dicari. Harga jual Toyota Avanza, di OLX, mancapai 110 juta – 150 juta rupiah.

Kebutuhan masyarakat akan segmen mobil tersebut, disambut oleh suplai mobil yang dijual para penjual individu ataupun dealer. Data OLX menyebutkan bahwa mobil berjenis MPV, Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck menjadi mobil yang paling banyak diiklankan melalui platform ini, dengan Jabodetabek dan Bandung sebagai area di mana mobil-mobil tersebut paling banyak dijual.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi