Mudik 2019, Toyota Kijang Lawas dan Daihatsu Espass Malah Laris
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 25 Mei 2019 10:29 WIB
Toyota Kijang generasi pertama buatan 1980 (Kijang Buaya) memimpin touring lintas negara Indonesia-Timor Leste MPV Toyota 2018. Perjalanan melintasi 6 pulau dan 5 selat ini dimulai pada 29 Maret 2018 dari Jakarta dan finish di Dili, Timor Lester, menempuh jarak 6.800 kilometer. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Situs jual beli online OLX mengungkap bahwa supply mobil bekas segmen MPV dan SUV mengalami kenaikan selama bulan Ramadan. "Kami memantau adanya kenaikan supply untuk mobil-mobil dengan segmen MPV dan SUV, sepanjang bulan Ramadan ini jika dibandingkan dengan periode yang sama, tahun lalu,” ujar Ivo Wassenaar, Head of Automotive Category OLX Indonesia dalam keterangan resmi Jumat, 24 Mei 2019.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ia melanjutkan, merek-merek seperti Toyota Kijang, Honda CR-V, Daihatsu Espass, Suzuki APV, dan Nissan Grand Livina mengalami kenaikan dari segi supply. Ia juga memantau pergerakan supply untuk mobil-mobil tersebut di kisaran harga Rp 40 – 90 juta.

Baca Juga: Menjelang Euro 4, Isuzu Panther Masih Diproduksi

Menurutnya, kisaran harga tersebut cukup terjangkau bagi pembeli yang ingin memanfaatkan mobil bekas untuk mudik Lebaran. Dengan harga Rp 40 – 90 juta, calon pembeli dapat mencari mobil-mobil SUV dan MPV keluaran tahun 2000 ke atas, dari berbagai macam merek.

Di kelas MPV bekas seharga Rp 40 – 60 juta, Toyota Kijang kapsul menjadi mobil dengan supply tertinggi. Mobil merek ini mengalami kenaikan supply sebanyak 11 persen sepanjang bulan Ramadan, dari 1,820 menjadi 2,010 unit. Sementara di kelas SUV supply terbanyak didominasi oleh Honda CR-V. Kenaiknya juga mencapai 11 persen, dari 440 menjadi 490 unit.

Untuk kisaran harga Rp 70 – 90 juta, Nissan Grand Livina menempati urutan dengan supply terbanyak di segmen MPV dengan 2,970 unit. Namun, Nisan Grand Livina justru mengalami penurunan sebesar 2 persen. Untuk segmen SUV pada kisaran harga yang sama, Nissan X-Trail mengalami kenaikan supply sebesar 12 persen, dari 720 – 820 unit.

Baca Juga: Bus Mewah dengan Kursi ala Kasur Bisa Tidur Nyenyak, Ini Tarifnya

Beberapa merek mobil yang juga mengalami kenaikan supply dibandingkan Ramadan tahun lalu adalah Daihatsu Espass (21 persen), Mitsubishi Kuda (19 persen), Suzuki APV (10 persen), Ford Escape (37 persen), Suzuki Grand Escudo (15 persen), Honda Odyssey (10 persen), dan Chevrolet Captiva (17 persen). Semua merek tersebut dijual di OLX di kisaran harga Rp 40 – 90 juta.

Ivo menambahkan, kenaikan supply ini adalah imbas dari adanya permintaan yang tinggi dari calon pembeli. Pencarian mobil bekas di OLX pada Ramadan tahun ini naik sebanyak 9,3 persen atau setara dengan 250 ribu calon pembeli. "Masyarakat tampak mencari moda transportasi yang nyaman digunakan bersama keluarga untuk mudik, atau sekadar berwisata dan bersilaturahmi bersama keluarga selama libur Lebaran," kata dia.

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi? Periksa Dulu 9 Hal Ini

Di OLX, tidak hanya memberikan berbagi pilihan merek, model, dan segmen mobil. Tapi juga memberikan pilihan harga yang variatif bagi calon pembeli. Dengan demikian, mereka dapat menyesuaikan dengan budget yang tersedia. “Sebagai pusat jual beli mobil, kami terus berkomitmen untuk menghadirkan beragam pilihan mobil bekas bagi pengguna OLX, di Indonesia,” ujar Ivo

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi