Suzuki Wagon R 2019: Kini Mesin Lebih Bertenaga dan Halus
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 28 Januari 2019 11:14 WIB
Penampakan Suzuki Wagon R 2019. Sumber: rushlane.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, New DelhiSuzuki Wagon R 2019 baru saja meluncur di India. Model baru ini didesain langsung oleh Maruti Suzuki sesuai pasar di Asia meski dengan menggunakan basis desain dari Wagon R Jepang. Dimensi model baru kini lebih panjang 13mm, lebih lebar 125mm dan memiliki wheelbase yang identik dengan Ignis. Selain itu, bobot Wagon R baru lebih ringan hingga 65 kilogram.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Suzuki Wagon R 1,2 Liter Dijual di India Sekitar Rp 103 Juta

Secara desain tetap mempertahankan atap tinggi atau jangkung namun dengan model yang lebih berkelas. Lampu kotak lama kini ditanggalkan digantikan dengan lampu depan berbentuk panah yang lebih fresh. Bumper depan dan fender kini sedikit menonjol memberikan kesan lebih sporty. Lampu belakang besar seperti Honda CR-V sedikit mengangkat derajatnya menjadi berkelas.

Media India, Autocar melakukan review pertama dengan masuk kabin Suzuki Wagon R. Pada kabin mobil imut ini, menganut dual tone hitam-krem memberi kesan elegan. Melihat fitur hiburan kini sudah mengadopsi Smartplay Studio yang memiliki antarmuka baru yang menarik. Pada varian yang lebih tinggi, panel instrumen menambah daya tarik dengan tachometer digital dan kehadiran stir kemudi Ignis mengangkat kualitasnya. Bagian atas dasbor yang bertekstur membuatnya terasa lebih mewah dari sebelumnya dan bahkan bantalan pintu sedikit lebih baik.

Baca: Suzuki Wagon R 7 Seater Bisa Menjadi Pesaing Toyota Calya

Instrumen Suzuki Wagon R. Sumber: autocarindia.com

Hanya saja, desain dasbor tidak proporsional dan timpang dengan konsol tengah membuat disonansi visual. Lalu ada ventilasi yang tampak aneh dan tombol penutup jendela. Kini jok baru lebih besar dengan sandaran kepala datar dan kurang mengikuti postur kepala sehingga kurang pas meski tetap nyaman.

Baca: Yang Terbaru dari Fitur-fitur di Suzuki Wagon R 2018

Kabin sekarang jauh lebih luas. Ruang kepala dan kaki cukup memadai tidak membuat kesan penuh. Penumpang di kursi belakang juga akan merasakan kenyamanan. Legroom berlimpah sekarang, terutama saat mereka yang punya postur badan tinggi, kabin yang lebih luas memungkinkan tiga penumpang di belakang untuk duduk tanpa bahu harus tumpang tindih. Smartplay Studio baru memungkinkan Anda menggunakan telepon sebagai remote dari kursi belakang. Untuk ruang bagasi pun bisa diperluas, kursi belakang bisa dilipat 60:40.

Kelapangan ruang bagasi Suzuki Wagon R. Sumber: autocarindia.com

Autocar juga menjajal mesin 1,2 liter, empat silinder bertenaga 83 hp merasakan lebih halus dan lebih bertenaga. Mesin K12 dirasakan responsif sehingga Wagon R baru terasa mudah dikendarai dan bermanuver. Pada putaran menengah cukup baik. Tetapi ketika mencapai putaran antara 5.000-6.500 rpm, Wagon R menjadi sedikit bergetar dan berisik. Suzuki Wagon R tidak memiliki banyak isolasi suara sehingga semua suara diluar masuk kabin dan menggangu konsentrasi.

AUTOCAR

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi