Suzuki Wagon R Listrik Meluncur pada 2020, Masuk Indonesia?
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 9 Agustus 2019 13:35 WIB
Sebuah mobil Suzuki Wagon R Listrik sedang diuji di bawah guyuran hujan deras di India, 2 Februari 2019. (Rushlane)

GOOTO.COM, Jakarta - Maruti Suzuki India Limited tengah menguji mobil listrik berbasis Suzuki Wagon R. Model ini menurut rencana akan diluncurkan pada tahun 2020. Model itu beberapa kali tertangkap kamera saat diuji di berbagai kondisi cuaca di India, mulai dari hujan, panas, hingga bersalju di kawasan pegunungan.

Total sebanyak 50 prototipe mobil listrik Suzuki Wagon R tengah menjalani pengujian. Mobil-mobil itu dikembangkan oleh Suzuki Motors, Jepang. Di India, Suzuki Wagon R Listrik dijanjikan dengan harga yang murah, sekitar Rp 145,1 juta hingga Rp 186,6 juta.

Suzuki Wagon R listrik pertama kali dipamerkan di the MOVE Summit, New Delhi awal tahun ini.

Diwartakan rushlane, Suzuki Wagon R listrik didukung oleh sistem 72 volt dengan kapasitas baterai 10-25kWh. Model listrik akan diposisikan pada platform HEARTECT gen berikutnya. Platform mesin ini juga digunakan pada Suzuki Swift dan DZire terbaru.

Tahun lalu, Maruti Suzuki dan Toyota menandatangani perjanjian untuk pengembangan kendaraan listrik. Perjanjian itu menyatakan bahwa Maruti akan bertanggung jawab untuk pembuatan EVS, dan Toyota menawarkan bagian teknis. 

Sebuah mobil Suzuki Wagon R Listrik sedang diuji di bawah guyuran hujan deras di India, 2 Februari 2019. (Rushlane)Paket baterai lithium-ion akan diproduksi oleh Maruti Suzuki bekerja sama dengan Denso dan Toshiba dan akan masuk ke produksi pada 2020. Total sebanyak 1,150 crores atau setara Rp 2,3 triliun akan diinvestasikan ke pabrik baterai baru di mana Suzuki akan menguasai 50 persen saham.

Suzuki Indonesia mengaku saat ini melakukan study internal dan berkoordinasi dengan kantor pusat Suzuki di Jepang mengenai mobil listrik di Indonesia.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra mengatakan bahwa secara prinsip Suzuki akan mendukung program pemerintah. "Saat ini kami dalam proses study internal dan terus berkoordinasi dengan kantor pusat kami untuk implementasi dukungan dari Suzuki," kata Donny kepada Tempo, Kamis, 8 Agustus 2019. 

Sebuah mobil Suzuki Wagon R Listrik sedang diuji di bawah guyuran hujan deras di India, 2 Februari 2019. (Rushlane)Donny menambahkan bahwa saat ini meski regulasi mobil listrik telah ditandatangani, pihaknya belum bisa memberikan informasi mengenai mobil jenis apa yang akan disertakan dalam program mobil listrik di Indonesia.

Nah, bisa jadi Suzuki Wagon R Listrik yang akan diluncurkan pada tahun 2020 di India juga akan ditarik masuk ke Indonesia. Apalagi selama ini beberapa model Suzuki yang dijual di Indonesia diimpor dari India. Suzuki Ertiga awalnya juga diimpor utuh dari India sebelum diproduksi secara lokal di Pabrik Suzuki di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. 

#Suzuki Wagon R
#Wagon R Listrik
#Mobil Listrik
#Perpres Mobil Listrik

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi