Suzuki Wagon R Listrik Diuji di Salju, Dipasarkan Mulai 2020
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 31 Januari 2019 10:23 WIB
Suzuki Wagon R listrik sedang diuji di sebuah medan bersalju di India. 29 Januari 2019. (Rushlane)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Spyshot Maruti Suzuki Wagon R elektrik tampak sedang menjalani pengujian di salju dengan suhu di bawah nol derajat di daerah Kufri, Shimla, India. Dikabarkan suhu terus turun dalam beberapa hari terakhir hingga minus 9 derajat celcius. Spyshot itu diambil oleh penggila otomotif Souvik Kar dan dimuat di situs berita otomotif rushlane.com, 30 Januari 2019.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perusahaan ini secara aktif menguji Suzuki Wagon R bertenaga listrik, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada awal 2020. Mobil yang terlihat tanpa kamuflase menampilkan secara jelas emblem mobil listrik, total ada 50 prototipe yang menjalani pengujian di seluruh India.  

Biasanya, prototipe ini banyak dijumpai di wilayah kota-kota besar India seperti Delhi, Mumbai, Bangalore, Hyderabad, Chennai, dan lain-lain. Tapi ini pertama kalinya Wagon R listrik melakukan pengujian di wilayah terpencil seperti Kufri, dengan kondisi cuaca buruk. 

Baca: Suzuki Wagon R Baru Meluncur di India, Ini Kata SIS

Suzuki Wagon R listrik ini dikembangkan di kantor pusat Jepang, pengujian di India bertujuan untuk setting mobil sesuai kondisi India. Wagon R listrik juga diuji dalam kondisi dunia nyata mulai waktu pengisian baterai, jangkauan, dan sebagainya. Setelah siap, mobil akan diproduksi secara lokal di pabrik Maruti Suzuki India.  

Suzuki Wagon R Listrik tampak sedang diuji di medan bersalju di India. 29 Januari 2019. (rushlane)

Ini memungkinkan mobil akan memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, Suzuki juga mendirikan pabrik baterai di negara ini. Suzuki telah menginvestasikan sekitar Rp 2,2 triliun pada pabrik baterai lithium-ion baru di Gujarat bersama dengan Toshiba dan Denso. 

Mobil listrik ini meminjam inspirasi dari Suzuki Solio yang saat ini dijual di pasar internasional. Ia menggunakan ban MRF, gril depan dua bagian, lampu depan LED dan lampu ekor LED yang ditumpuk secara vertikal, desain bumper depan baru, pilar B berwarna seperti bodi, dan spion yang dipasang di pintu.  

Selain itu, mobil juga didasarkan pada platform Heartect seperti Wagon R baru. Ini akan menampilkan fitur sport seperti pada mesin bensin, dan fitur keselamatan untuk mematuhi peraturan baru yang mulai berlaku akhir tahun ini. Dual airbag, ABS, EBD, pengingat sabuk pengaman, sistem peringatan kecepatan, dan sensor parkir belakang. 

Baca: Suzuki Wagon R 7 Seater Akan Pakai Pintu Geser ala Alphard

Suzuki Wagon R listrik diharapkan akan ditenagai oleh sistem 72 volt dengan kapasitas baterai 10-25 kWh. Ini dapat menawarkan jangkauan maksimum 150 kilometer dengan sekali pengisian daya. Paket baterai Lithium-ion telah dikembangkan bekerja sama dengan Toyota dan Toshiba. Kendaraan ini juga akan datang dengan fitur pengisian ulang baterai secara cepat (fast charging).

RUSHLANE.COM

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi