Fitur- Fitur Yang Dapat Meningkatkan Ergonomisan Berkendara
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Rabu, 17 April 2019 16:59 WIB

GOOTO.COM, Jakarta -Arti dari sebuah ke-ergonomisan di  dunia otomotif, adalah merupakan ilmu yang mendesain sebuah ruang kabin kendaraan bagi si pengemudi dan penumpang di dalamnya agar dapat mengoperasikan segala fitur – fitur yang ada didalamnya dengan nyaman, tanpa mereka perlu bekerja keras untuk mengoperasikan apa yang ada di sekitarnya.

Pada prinsip “Fitting the task to the man” ini,maka ruang kabin di dalam mobil Anda perlu dirancang dan dilengkapi dengan fitur – fitur yang dimana yang dimana kegunaaannya harus fungsional dan tepat peletakkannya, agar sang pengemudi misalnya bisa lebih nyaman dalam mengoperasikannya. Dengan demikian, konsep keergonomisan tersebut dapat mengurangi tingkat kelelahan berkendara. Beberapa teknologi atau fitur – fitur yang dapat mengoptimalkan keergonomisan berkendara, seperti tilt steering & telescopic steering, comfort seat, electric height brake pedal adjuster, adjustable headrest, multi function st eering wheel dan fitur voice call.

Baca:Inilah Posisi Mengemudi yang Tepat 

Tilt steering.

Fungsi bagi kendaraan yang sudah dilengkapi dengan tilt steering, posisi tinggi rendahnya setir dapat disetel sesuai tinggi postur pengemudi, agar posisi paha tidak menyentuh setir, dan membuat setir dapat digerakkan secara lebih leluas. Tilt steering tersebut, tentunya dapat lebih meningkatkan kenyamanan berkendara terutama pada saat jarak jauh. Untuk menghindari kecelakaan yang fatal, sebaiknya penyetelan dilakukan sebelum berkendara. 

Telescopic steering.

Jika sudah dilengkapi dengan fitur telescopic steering ini, maka posisi setir dapat dimaju mundurkan ke posisi badan Anda.Posisi tersebut dapat lebih meningkatkan responsivitas kedua tangan ke lingkar setir di mobil Anda.Dengan demikian Anda juga tidak perlu memaju mundurkan posisi tempat duduk Anda, pada saat tidak butuhkan,serta dapat lebih memperlancar aliran darah di tubuh Anda. Untuk meningkatkan responsivitas tangan ke setir, posisikan seperti jam 9 lewat 15 menit.

Baca:Suzuki Celerio Meluncur, Apa Saja Fitur-fiturnya?

Comfort seat.

Kelebihan dari jenis comfort seat ini, yang umumnya Anda bisa dapatkan di beberapa jenis kendaraan premium seperti Land rover, BMW, atau Mercedes , bukan hanya saja dapat lebih meningkatkan kenyamanan berkendara, tetapi juga pada bagian punggung dapat dimaju mundurkan. Efek dari penyetelan tersebut, dapat lebih mendekatkan posisi duduk pengemudi ke lingkar setir, serta dapat lebih meningkatkan responsivitas gerakan tangan ke lingkar setir


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi