Kawasaki Ninja 250 4 Silinder Punya Spek Setara Moge
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 23 Oktober 2019 17:22 WIB
Kawasaki Ninja ZX-25R dan Z H2 meluncur di ajang Tokyo Motor Show 2019. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kawasaki membuka selubung teka-teki beberapa tahun sebelumnya dengan menghadirkan supersport 250cc dengan mesin 4 silinder yaitu Kawasaki Ninja ZX-25R. Geng Ijo istilah untuk Kawasaki mengungkap jagoan sport 250cc ini bersamaan dengan motor naked bike Z H2 yang dipersenjatai mesin 1.000cc dengan turbo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kawasaki Ninja ZX-25R. Sumber: young-machine.com

Tak mau kalah, Kawasaki mempersenjatai Ninja ZX-25R dengan mesin DOHC 4 silinder sejajar dengan kapasitas murni 249cc. Hanya saja Kawasaki masih enggan mengungkap detail spek dari mesin yang digendong ZX dengan mengosongi spek mesin. Bahkan tenaga yang dihasilkan mesinnya juga belum diungkap. Hanya saja dengan mesin empat silinder ada kemungkinan mesin ini bisa meraung hingga 20.000 putaran per menit.

Kawasaki ZX-25R. Sumber: young-machine.com

Dari tampang depan, Kawasaki Ninja ZX-25R memiliki kemiripan dengan Kawasaki Ninja 250 dari headlamp sein hingga bentuk fairing. Namun di balik fairing ZX-25R menggunakan sasis model deltaboks dan meninggalkan model sasis tubular yang dipakai pada Ninja 250. Ukurannya pun cukup besar lebih besar dari deltabox pada Yamaha YZF-R15. Bagian arm belakang pun kini mengadopsi gaya arm banana atau model pisang lebih gagah dibandingkan Honda CBR250RR.

 

Kawasaki Ninja ZX-25R. Sumber: young-machine.com

Suspensi depan sudah mengadopsi model kekinian yaitu upside down dengan ukuran besar. ZX-25R menggunakan suspensi SFF-BP(SeparateFunction Fork Big Piston) yang banyak digunakan pada motor dengan kapasitas mesin 600cc. Pada bagian belakang suspensi mengadopsi Horizontal Back-link yang membuatnya lebih stabil.

Pengereman dikawal dengan cakram berdiameter besar dan sudah bertipe floating yang lebih mencengkram. Sistem ini cukup handal dengan penggunaan mounting radial dan kaliper monoblok setara dengan moge 600cc dan ZX-25R yang pertama kali mengadopsi pada motor 250cc. Agar pengereman lebih aman sudah ditanamkan sistem Antilock Braking System.

Kawasaki Ninja ZX-25R. Sumber: young-machine.com

Pada sistem elektronik sudah dilengkapi dengan Kawasaki Traction Control Unit, Kawasaki Quick Shifter, dan Power Modes. Sistem ini mirip dengan yang diadopsi kakaknya Kawasaki Ninja ZX-6R namun tentu dengan spek yang lebih rendah. Inilah supersport sejati di kelas 250cc.

YOUNG MACHINE

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi