Mobil Pemenang dan Pecundang 2008
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 16 Agustus 2008 15:04 WIB
TEMPO Interaktif, Los Angeles:Industri otomotif akhir-akhir ini dihadapkan pada persimpangan jalan. DI satu sisi mereka diharapkan membuat mobil yang elegan dan mutakhir. Di sisi lain melonjaknya harga minyak dunia ditambah lesunya perekonomian dunia, memaksa para pabrikan tersebut membuat kendaraan roda empat yang 'bisa' dipakai semua kalangan.

Sebagai pembuat mobil salah satu tantangan ke depan adalah membuat mobil non-SUV atau truk. Jawaban sederhana hal ini adalah dengan membuat kendaraan-kendaraan kecil tipe sedan.

Beberapa produsen mobil telah melakukan hal tersebut. Di bawah ini terdapat mobil-mobil lansiran 2008 yang dianggap menjadi pemenang dalam kompetisi industri otomotif. Di lain pihak ada juga mobil-mobil yang dianggap sebagai pecundang.

Salah satu pemenang kali ini adalah mobil keluaran pabrikan Jepang, Mazda 3. Di lihat dari spesifikasinya kendaraan ini bisa menjadi acuan bagi keluarga yang menginginkan mempunyai sedan.

Meski bertipe sedan, Mazda 3 terkesan elit. Mengandalkan desain sporty eksteriornya, mobil ini juga mempunyai kabin yang lega. Mobil yang dikeluarkan dalam dua tipe: empat pintu atau lima pintu hatchback.

Bukan hanya itu keandalan mobil ini terletak pada konsumsi bahan bakarnya. Dengan kekuatan mesin 156 tenaga kuda, kendaraan ini hanya 'menghisap' bensin 2,3 liter per 1 kilometer.

Keunggulan lain Mazda 3 terletak pada fitur pengatur tekanan ban (tire pressure monitoring system). Itu ditambah fasilitas kantung udara di samping pengendara. Keunggulan itu khusus didapat pada model Mazda 3 Sport.

Bila Mazda dianggap sebagai pemenang, Ford Expedition dianggap sebagai pecundang. Keluaran Paman Sam ini dianggap banyak menguras pasokan bahan bakar. Bertenaga 300 hp Triton V8, SUV ini mampu melahap 5,4 liter per kilometer. Asumsinya si pemilik mobil akan banyak mengeluarkan dana jika di AS saja harga minyak mencapai US$ 4.

Tapi bagi Anda maniak Ford jangan kecewa dulu. Pabrikan ini juga mengeluarkan versi sedan model Ford Fusion. Berbentuk setengah sedan, kendaraan ini lebih kecil dari model terdahulu Ford Focus, dan lebih besar dari Ford Taurus.

Keunggulan utama Fusion terletak pada fitur lengkapnya. Fasilitas kantung udara, lampu depan yang besar, ditambah akan digunakan energi bahan bakar alternatif ke depannya, menjadikan mobil ini layak dibeli.

Saingan Ford Fusion yang dianggap pecundang adalah Land Rover Range Rover Sport. Kendaraan yang dikeluarkan pabrikan Inggris ini dijamin boros bahan bakar. Dengan bentuk besarnya ditopang mesin V8, model ini menghabiskan bahan bakar 4,4 liter per 1 kilometer. Tenaga yang dihasilkan memang besar, mencapai 390 tenaga kuda.

Pemenang mobil 2008 lainnya adalah Lexus RX 250. Sedan crossover ini khusus mengandalkan keamanan bagi penggunanya. Di samping aman model lainnya RX 400 dijamin akan banyak dipakai pengguna sadar lingkungan. Versi ini memakai bahan bakar hibrid atau hanya menggunakan pasokan listrik.

Pesaing Lexus RX 250, dan 400 adalah BMW Seri 7. Keluaran Jerman ini mempunyai dua model 750i dan 760Li. Bergaya Eropa dan mempunyai fitur berteknologi canggih, sayangnya keluaran BMW ini mempunyai badan yang besar, serta berbahan bakar hidrogen yang belum teruji keamanannya.

Yahoo Autos | Bagus Wijanarko

@page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in
#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi