Penjualan Toyota Jatuh di Pasar Domestik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 September 2008 14:12 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Toyota Motor Corp., perusahaan pembuat mobil terbesar Jepang, memimpin penurunan penjualan mobil domestik bulan Agustus, saat tingkat pengangguran di negara itu mendekati posisi tertingginya sejak 2006 dan prospek pekerjaan memburuk.

Penjualan mobil, truk dan bus jatuh 15 persen menjadi 1993.902 unit dari tahun sebelumnya, menurut data Asosiasi Dealer Mobil Jepang hari ini.Jumlah itu di luar minicar. Penurunan itu diperkuat oleh jumlah hari kerja yang berkurang dua hari dibandingkan tahun sebelumnya.

Rasio pekerjaan terhadap pencari kerja jatuh untuk bulan keenam menjadi 0,89, angka terendah sejak Oktober 2004, berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja minggu lalu. Populasi yang mengecil dan berusia lanjut kemungkinan juga mengurangi penjualan kendaraan, di luar minicar, ke tingkat terendah dalam 36 tahun.

"Jepang mungkin pasar mobil pertama di dunia yang mencapai tahap kematangan," kata Michael Wynn-Williams, analist dari Global Insight Inc. yang berbasis di London. "Penjualan mobil mungkin naik dan turun, namun angka itu akan berfluktuasi dalam rentang yang sangat sempit."

Bank Jepang minggu lalu mengatakan bahwa perekonomian terbesar kedua dunia itu  melambat untuk pertama kalinya dalam 10 tahun setelah mengalami kontraksi 2,4 persen di kuartal kedua.

Penjualan mobil, termasuk minicar, kemungkinan akan jatuh 1,2 persen untuk empat bulan berturut-turut tahun ini menjai 5,32 juta unit, menurut Asosiasi Produsen Mobil Jepang.

Toyota melaporkan penurunan 18,4 persen menjadi 83,315 unit. Honda Motor Co   mengatakan naik 16 persen ke 27.448 unit, dan Nissan jatuh 19 persen ke 31.470 unit.

Bloomber/Erwin Z

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi