Tata Pindahkan Proyek Mobil Termurah ke Gujarat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 7 Oktober 2008 15:22 WIB

TEMPO Interaktif, Ahmedabad, India: Perusahaan raksasa India Tata Group telah menemukan lokasi untuk proyek pembangunan mobil termurah di dunia setelah serangkaian protes memaksa perusahaan itu meninggalkan pabrik sebelumnya di West Bengal.

Beberapa negara bagian berebut untuk menjadi lokasi pabrik, dan Tata akhirnya memilih lokasi dekat Ahmedabad, ibukota negara bagian Gujarat, sebagaimana dilaporkan sebuah televisi hari ini yang mengutip pernyataan pejabat perusahaan.

Ketua Tata Group Ratan Tata diharapkan secara resmi mengumumkan langkah itu di sebuah konferensi pers bersama Menteri Narendra Modi.

Tata minggu lalu mengumumkan akan memindahkan proyek mobil Nano mereka dari negara West Bengal meskipun pabrik yang berada dekat Kalkuta itu telah 90 persen komplit.

Keputusan itu menyusul demonstrasi oleh para petani dan para aktivis yang mengeluhkan bahwa mereka dipaksa menyerahkan tanahnya dengan penggantian yang sangat murah untuk membuat pabrik canggih itu.

Nano--yang dibayangkan Ratan Tata sebagai cara untuk membuat mobil-mobil terjangkau oleh kelas pekerja India--telah menarik perhatian dunia terkait harganya sekitar US$ 2.100

Saat menjadi jelas bahwa Tata akan meninggalkan West Bengal, persaingan terjadi di antara beberapa negara, seperti Karnataka dan Andhra Pradesh untuk mendapatkan proyek itu.

Gujarat merupakan negara yang industrinya paling maju di India dan telah memiliki infrastruktur bagus dan telah menarik sejumlah perusahaan multinasional.

AFP/Erwin

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi