Honda Tingkatkan Produksi Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 14 Oktober 2008 08:28 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Honda Motor Co, yang berupaya meningkatkan produksinya di AS untuk menjaga pabrik tetap sibuk, akan mendorong produksi mobil serta membuat minivan dan kendaraan sport lebih sedikit saat penjualan truk kecilnya menurun.

Honda akan memindahkan pabriknya di Amerika Utara yang lebih banyak memproduksi sedan Accord V-6 ke Lincoln, Albama, dari Marysville, Ohio, di pertengahan 2009 serta memotong produksi minivan Odyssey dan kendaraan sport Pilot di Lincoln 22 ribu unit di tahun fiskal yang berakhir Maret, kata juru bicaranya Ed Miller. Honda akan membuat lebih banyak Accord 4-silinder.

Langkah Honda itu menyusul penurunan 13 persen penjualan industri mobil di AS tahun ini hingga September, yang dipicu oleh kenaikan harga bensin dan memburuknya pasar akibat krisi skredit. Di antara enam produsen mobil terbesar di AS, hanya Honda yang meningkatkan produksi kendaraannya di pasar Amerika Utara dari tahun sebelumnya.

"Honda memiliki kemampuan untuk mengubah sesuatu dalam hampir semalam; GM, Ford, dan Chrysler tidak mampu seperti itu," kata Laurie Harbour-Felax, presiden Harbour-Felax Group, sebuah perusahaan konsultan manufaktur di Berkley, Michigan. "Alasan penjualan mereka tidak mati tahun ini karena mereka bereaksi terhadap pasar."

Penjualan Honda menuru 1,1 persen tahun ini, sementara penjualan General Motors Corp. menurun 18 persen, Ford Motor Co. menurun 17 persen, Chrysler LLC menurun 25 persen. Sementara penjuala Toyota Motor Corp., produsen mobil terbesar Jepang, telah menurun 10 persen.

Bloomberg/Erwin

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi