Video First Impression Kia Sonet Masuk Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 11 November 2020 21:07 WIB
Kia Sonet. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Kreta Indo Artha resmi memasarkan Kia Sonet untuk pasar Indonesia mulai 11 November 2020. Kia Sonet merupakan SUV yang didatangkan secara utuh (Completely Built Up/CBU) dari India. Model ini dijual dengan harga mulai Rp 193 juta hingga Rp 289 juta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Presiden Direktur PT KIA Andrew Nasuri mengatakan bahwa Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai negara kedua setelah India yang memasarkan Kia Sonet. “Kami senang sekaligus membuktikan bahwa pasar Indonesia memiliki potensi yang besar,” kata Andrew dalam peluncuran Kia Sonet secara virtual, Rabu, 11 November 2020.

Global Vice President Brand & Marketing Kia Motors Corporation Artur Martins menyampaikan bahwa Sonet merupakan SUV dengan konsep baru untuk pasar global. “Model ini memiliki desain modern dengan teknologi terkini, yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda,” kata Artur Martins.

Bagian belakang Kia Sonet. TEMPO/Wawan Priyanto.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.615 mm dengan jarak sumbu roda 2.500 mm. Sebagai mobil SUV, Sonet memiliki ground clearance setinggi 205 mm yang ditopang ban R16.

Untuk kenyamanan dalam berkendara, Sonet ditopang suspensi McPherson Strut (depan) dan Coupled Torsion Beam Axle (belakang). Wajah Sonet sangat khas dengan desain Tiger Nose.

Yang mengejutkan adalah Sonet untuk pasar Indonesia menggunakan mesin 1.5L bensin. Ini tentu berbeda dengan mesin yang ditawarkan di India yakni mesin bensin 1.0L turbo dan 1.2L serta 1.5L turbo diesel.

Mesin 1.5L Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT, Dual Fuel Injector sanggup menghasilkan daya 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 14,7 kgf-m pada 4.500 rpm. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission).

Kia Sonet resmi diluncurkan pada 11 November 2020. TEMPO/Wawan Priyanto

Transmisi ini memiliki 6 drive mode, dan 8 speed virtual gear (manual mode). Kia mengklaim trasmisi ini memiliki rasio chain pulley lebih lebar dari kompetitor yang menghasilkan tenaga lebih besar di rpm rendah. Kia juga mengklaim konsumsi bahan bakar lebih efisien di rpm tinggi.

Menurut Kia, ketika menginjak pedal gas lebih dari 40 persen saat posisi tuas transmisi ‘D’, akan terasa perpindahan gigi layaknya transmisi AT konvensional sehingga berkendara di kecepatan tinggi terasa lebih menyenangkan.

Di sektor keselamatan, Kia Sonet sudah dibekali dengan 6 airbags, Anti Lock Brake System (ASB), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist Control (HAC).

Meski model ini dipasarkan dengan harga di bawah Rp 300 jutaan, tapi fitur-fitur yang berhubungan dengan sistem hiburan bisa dibilang setara dengan mobil premium. Salah satu contohnya adalah penggunaan LCD 8,8 inci yang terintegrasi dengan Bose System with Multiple Bluetooth connection, voice recognition, USB and Auxiliary, dan sudah mendukung Apple CarPlay serta Android Auto. Dua perangkat terakhir ini dapat diaktifkan melalui konektivitas Bluetooth maupun WiFi. Jadi tidak perlu repot-repot menggunakan kabel data.

Kia Sonet. TEMPO/Wawan Priyanto

Untuk memanjakan telinga pengemudi maupun penumpang, Sonet dilengkapi dengan 

7 speaker Bose pada Sonet tipe tertinggi (Premiere Edition). Ke-7 speaker itu terletak masing-masing di pilar A, pintu depan, pintu belakang, dan 1 subwoofer 10 inci di dinding bagasi sebelah kanan.

Saat memutar alunan musik kesayangan, Anda dapat menikmati LED sound mood light yang akan membuat tampilan kabin menjadi semakin sedap dipandang.

Speaker Bose ada di Kia Sonet. TEMPO/Wawan Priyanto

Lalu ada Remote Engine Start yang diklaim pertama di kelas mobil Rp 300 juta ke bawah. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk menyalakan mesin melalui tombol pada anak kunci. “Fitur ini sangat penting saat mobil diparkir di bawah terik matahari dan pengemudi ingin menyalakan mobil dan penyejuk udara sesaat sebelum memasukinya,” kata Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head Kia Indonesia.

Selanjutnya adalah ventilated seat, yakni ventilasi udara (AC) yang terletak di sisi kiri dan kanan jok depan. Ini juga diklaim pertama di kelasnya. Gunanya untuk mengalirkan udara dari AC di kisi-kisi pada sisi samping jok. Membuat punggung tetap terasa sejuk. Bagi yang gemar melakukan perjalanan jauh tak perlu pusing untuk melakukan pengisian daya smartphone kesayangan, karena Sonet juga dibekali dengan USB port serta sebuah wireless charging.

Kia Sonet tersedia dalam 6 pilihan warna yakni Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligent Blue, Intense Red, Steel Sliver, dan Beige Gold.

Model ini akan berhadapan dengan sejumlah rival seperti Nissan Magnite yang kemungkinan besar akan segera diluncurkan di Indonesia. Juga akan menjadi calon rival bagi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang akan diluncurkan pada awal tahun depan. 

Simak video Kia Sonet di Indonesia:

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi