Pabrik Toyota di Amerika Akan Ekspor ke Timur Tengah
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 31 Oktober 2008 11:23 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Perusahaan Jepang Toyota Motor Corp hari Jumat mengatakan akan membuka kembali tiga pabriknya di Amerika Serikat setelah tiga bulan penangguhan karena permintaan di AS yang menurun.

Pabrik di AS itu akan digunakan untuk menghasilkan mobil yang diekspor ke Timur Tengah dan Amerika Latin.

Pabrik di Texas, Indiana dan Alabama itu akan melanjutkan produksi mobil sport Sequoia dan truk pick-up Tundra mulai pertengahan November, kata produsen mobil terbesar Jepang itu.

Toyota menghentikan operasi di tiga pabrik itu pada bulan Agustus saat penjualan mobil di Amerika Serikat menurun di tengah krisis keuangan global.

Namun Toyota menyatakan telah memutuskan untuk membuka kembali pabrik-pabrik itu untuk memproduksi 15.000 Sequoia setahun untuk penjualan di Timur Tengah.

Pabrik-pabrik itu juga akan membuat 150 Sequoia serta 1.000 truk Tundra untuk dijual di Amerika Latin.

Dengan keputusan itu, Toyota tidak lagi akan melakukan penutupan pabrik-pabriknya di AS, kata seorang juru bicara Toyota.

Toyota telah menikmati penjualan dan keuntungan besar di Amerika Serikat saat menguatnya minat akan kendaraan hemat bahan bakar membuatnya di posisi mengambil alih General Motors sebagai penjual mobil terbesar.

Namun, penjualan Toyota diperkirakan jatuh tahun ini untuk pertama kalinya dalam satu dekade karena perlambatan global. Penjualan Toyota di Amerika merosot 29,5 persen pada bulan September.

Toyota, yang telah berhati-hati untuk tidak terlihat tamak akan kesuksesannya dan menekankan perannya dalam menciptakan lapangan kerja di Amerika Serikat, berharap dapat menghindari langkah proteksi di pasar utamanya itu.

AFP/Erwin

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi