Penjualan Mobil Oktober Amerika Terburuk Sejak Akhir Perang Dunia II
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 4 November 2008 09:18 WIB

TEMPO Interaktif, Washington: Penjualan mobil Amerika Serikat merosot tajam pada bulan Oktober saat masalah kredit dan kepercayaan konsumen yang rendah menghantui konsumen dan pembuat mobil, sebagaimana ditunjukkan oleh data industri mobil hari Senin.

Penjualan secara keseluruhan adalah yang terburuk sejak 1991, namun analis mengatakan jika disesuaikan dengan pertumbuhan penduduk, industri menghadapi kondisi penjualan satu bulan terburuk sejak 1950-an atau bahkan sejak akhir Perang Dunia II.

Total penjualan kendaraan baru merosot 31 persen menjadi 838.156, menurut penelitian perusahaan Autodata. Angka itu dibandingkan dengan lebih dari 1,2 juta kendaraan setahun sebelumnya. Angka-angka itu menunjukkan tingkat penjualan 10,56 juta unit, turun dari 16,04 juta setahun sebelumnya.

Pukulan terberat dialami General Motors, yang penjualan Oktobernya di Amerika turun 45 persen dari tahun lalu, sehingga memunculkan keraguan akan kemampuannya untuk menghadapi krisis ekonomi.

GM menjual 170.585 mobil dan truk baru di bulan itu, sebuah penurunan yang dikaitkan dengan ketidakpastian atas krisis kredit yang mendalam dan kepercayaan konsumen yang rendah.

"Pasar telah menyusut selama tiga tahun, tetapi di bulan Oktober kita melihat  penurunan yang dramatis bagi industri dan GM," ujar Mark LaNeve, Vice President GM di Amerika Utara.

"Kami jelas kecewa dengan hasil ini yang sukar dibandingkan dengan kinerja bulan Oktober tahun lalu. Yang lebih penting lagi, hal ini juga mencerminkan masalah kredit yang belum pernah terjadi sebelumnya yang secara dramatis berdampak buruk bagi seluruh ekonomi AS - dari pasar perumahan ke perusahaan besar dan kecil ke bank hingga bisnis yang dijalakan keluarga. Masalah kredit juga berdampak sangat negatif terhadap kepercayaan konsumen dan prilaku belanja mereka di seluruh Amerika."

LaNeve mengatakan jika disesuaikan dengan pertumbuhan populasi, angka bulan ini mungkin penjualan industri mobil terburuk sejak akhir era Perang Dunia II.

GM hampir tidak mampu untuk tetap memimpin pangsa pasar Amerika di depan Toyota, yang mencatat penurunan 25,9 persen dengan penjualan bulanan 152.101.    Jesse Toprak, analis di Edmunds.com, mengatakan ada peluang yang besar Toyota mengambil alih penjualan retail Amerika GM dengan mengeluarkan angka penjualan untuk sewa armada.

Toprak mengatakan data awal mengindikasikan penjualan bulan Oktober adalah yang terburuk bagi industri sejak Januari Januari 1991.

"Dan jika Anda menyesuaikan dengan pertumbuhan penduduk ini mungkin merupakan bulan penjualan terburuk sejak tahun 1950-an," ujar Toprak.

Ford Motor Co. mengatakan penjualannya di Amerika merosot 30,2 persen dari tahun lalu dan peringkatnya tetap di bawah Toyota di pasar domestik. Chrysler LLC hari Senin mengatakan penjualannya di Amerika turun 35 persen dari tahun lalu.

Produsen Jepang, Honda, mencatat penurunan 25 persen untuk penjualan bulanan, sedangkan Nissan turun 33 persen.

AFP/Erwin

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi