Nissan Kembali Turunkan Produksi di Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 14 November 2008 15:58 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Nissan Motor Co hari Jumat mengatakan akan memotong lebih jauh produksinya di Jepang untuk mobil besar dan mewah yang diekspor ke Amerika dan Eropa karena permintaan yang melemah.

Produsen mobil ketiga terbesar di Jepang itu bulan lalu mengatakan akan mengurangi produksi mobil mewah Infinity dan mobil sport Murano dan Rogue sebanyak 65 ribu unit antara November dan Maret.

Pada hari Jumat, Nissan mengatakan akan memotong produksi 72 ribu unit lainnya hingga Maret.

Pemotongan itu akan mengurangi total output Nissan di Jepang 9,7 persen dari 1,388 juta kendaraan yang awalnya akan diproduksi pada tahun fiskal ini yang berakhir Maret.

Bulan lalu Nissan mengumumkan mengurangi 3.500 pekerjaan di seluruh dunia dan memotong proyeksi tahunannya hingga dua pertiga.

Perlambatan global telah menggoncang produsen mobil Jepang, yang dalam tahun ini menangguk penjualan di seluruh dunia untuk mobil lebih kecil dan lebih hemat bahan bakar.

Produsen mobil terbesar Jepang Toyota Motor Corp mengatakan minggu lalu dia meninjau kembali rencana ekspansinya. Surat kabar Nikkei mengatakan hari Jumat bahwa Toyota kemungkinan menunda produksinya di sebuah pabrik baru di Amerika.AFP/Erwin

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi