Musim Hujan Tiba, Berikut Tips Memilih Jenis Ban Agar Tak Terpeleset
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 24 Juni 2021 17:41 WIB
Pengendara bermotor melintasi jalan becek dan licin akibat debu vulkanik gunung Merapi di Muntilan Magelang. Tempo | Anang Zakaria

GOOTO.COM, Jakarta - Pemilihan jenis ban untuk sepeda motor akan sangat berpengaruh besar bagi keselamatan pengendara dalam kondisi musim hujan seperti saat ini.  

Ada beberapa faktor yang membuat pengendara motor terpeleset di jalanan yang kondisinya basah dan licin.

Demi meminimalisir hal itu, pengemudi harus peka terhadap pemilihan jenis ban motornya. Mereka tidak disarankan untuk sembarangan memilih jenis ban tersebut.

Maka dari itu, kali ini redaksi Gooto.com mencoba untuk memberikan tips memilih jenis ban agar pengemudi tidak terpeleset di musim hujan.

Pilih Ban yang Kembangannya Banyak

Supervisor Training Proban Motorsports Tommy Bramantya beberapa waktu lalu sempat mengatakan bahwa memilih ban yang kembangannya banyak bisa menghindari kecelekaan di musim hujan.

“Untuk musim hujan, pilih ban dengan kembangan yang banyak karena itu (kembangan) merupakan jalur pembuangan air pada ban,” ucapnya seperti dikutip Tempo.co edisi 10 Januari 2018.

Jangan Pilih Ban Tanpa Kembangan

Lebih lanjut, Tommy juga menyarankan agar pengemudi tidak memilih jenis ban yang kembangannya tipis atau tidak ada sama sekali.

“Meskipun pabrikan mengeluarkan ban slick dengan label wet and dry, lebih disarankan menggunakan ban dengan kembangan yang banyak,” sarannya.

Cek Tekanan Ban

Terakhir, jika pengemudi sudah mendapatkan jenis ban motor yang tepat, maka mereka disarankan untuk tetap memperhatikan tekanan anginnya.

Tommy menjelaskan bahwa tekanan angin pada ban tidak boleh terlalu keras. "Tekanan udara dijaga, jangan terlalu keras,” tutupnya.

Baca: Pandemi Covid-19 Semakin Menggila, Berikut Tips Merawat Motor di Rumah

 

#Tips
#Ban Motor
#Motor
#Musim Hujan
#Sepeda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi