Penjualan Turun, Pabrik Chrysler Perpanjang Libur Natal
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 18 Desember 2008 08:49 WIB

TEMPO Interaktif, Detroit: Chrysler memperpanjang libur pabriknya dari dua minggu menjadi paling cepat sebulan karena karena penjualan mobil terus turun di Amerika Serikat. Libur di 30 pabrik satu dari tiga produsen mobil terbesar Amerika itu akan dimulai akhir pekan.

Chrysler sudah menyatakan bahwa pabrik itu, yang mempekerjakan 46 ribu orang, paling cepat bisa dibuka kembali pada 19 Januari. Beberapa diantaranya dipastikan akan dibuka lebih lambat. Jangka waktu ini jauh lebih lama dari libur tradisional Natal pabrik mobil Amerika, yang dua minggu.

Bulan lalu Chrysler sudah memecat sekitar 5.000 pegawainya lewat program pensiun dini.

Saat ini penjualan mobil di Amerika Serikat mencapai titik terendah dalam 26 tahun. Sialnya, penurunan penjualan Chrysler lebih dramatis dibanding pabrik yang lain. Rata-rata penjualan mobil pada November turun 37 persen, tapi penurunan Chrysler mencapai 47 persen.

Pabrik mobil lain, Ford Motor, juga mengambil langkah serupa meski jangka waktunya tidak selama Chrysler. Ford menyatakan akan memperpanjang libur Natal selama sepekan sehingga total para pegawainya bisa berkumpul dengan keluarga selama tiga minggu.

Sedang pabrik terbesar, General Motors, mengatakan pekan lalu bahwa mereka menutup 20 pabriknya setidakny aselama triwulan pertama tahun depan.NEW YORK TIMES/NURKHOIRI

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi