Geely dan Waymo Segera Produksi Mobil Otonom Sepenuhnya
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 3 Januari 2022 08:00 WIB
600 Waymo Chrysler Pacifica Hybrid. REUTERS
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Geely Holding Cina mengumumkan bahwa merek mobil listrik premiumnya, Zeekr, bakal memproduksi mobil otonom sepenuhnya. Dalam pembuatan kendaraan otonom ini, mereka bakal menjalin kerja sama dengan Waymo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut laporan Hindustan Times, Geely menginformasikan mobil listrik tersebut akan dirancang dan dikembangkan di fasilitas Zeekr yang berlokasi di Swedia. Mobil otonom ini nantinya bakal diintegrasikan dengan teknologi self-driving Waymo.

Waymo sendiri sebelumnya juga sempat menyampaikan keinginannya untuk memperkenalkan mobil listrik otonom di pasar Amerika Serikat. Mereka juga dikabarkan telah merilis beberapa gambar konsep mobil otonom ini.

Dari gambar yang beredar, Waymo terlihat menghadirkan mobil otonom bersegmen minivan yang luas dan diperkirakan mampu menampung sekitar lima penumpang. Mobil listrik ini diketahui menggunakan pintu geser di setiap sisi kendaraan.

Setelah menjalin kerja sama dengan Zeekr, Waymo mendapatkan bantuan untuk memperluas layanan pemesanan kendaraan otonomnya. Geely juga menganggap kemitraan ini sebagai peluang untuk masuk ke pasar Amerika Serikat.

 Co-Chief Executive Officer Waymo, Tekedra Mawakana menjelaskan bahwa pihaknya juga bakal memanfaatkan pasar untuk ride-hailing, truk, pengiriman lokal dan mobil pribadi. “Kami sedang membangun bisnis. Jadi kami benar-benar fokus bagaimana mengkomersialkan teknologi ini," ujarnya, dikutip dari Hindustan Times.

Sekedar informasi tambahan, Waymo sendiri merupakan layanan taksi tanpa pengemudi pertama dan masih satu-satunya di Amerika Serikat. Mawakana mengklaim bahwa taksi self driving ini telah dicoba oleh ratusan orang dan puluhan ribu orang telah berada dalam daftar tunggu.

Baca: Tak Hanya Mobil, Truk Otonom Sepenuhnya Juga Segera Dihadirkan

HINDUSTAN TIMES

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi