Penjualan Mobil Baru Jepang Terendah dalam 41 Tahun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 2 Februari 2009 15:05 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Penjualan kendaraan baru di Jepang jatuh ke level terendah dalam empat dekade di bulan Januari, saat resesi yang mendalam menekan sentimen konsumen, kata industri mobil Senin (2/2).

Hanya 174.281 kendaraan baru yang terjual, tingkat terendah sejak Februari 1968, menurut Asosiasi Dealer Mobil Jepang.

Penjualan itu, di luar kendaraan mini, turun 27,9 persen dari tahun sebelumnya - penurunan terdalam sejak penurunan 45,1 persen pada Mei 1974 menyusul krisis minyak pertama.

Penurunan itu adalah penurunan penjualan selama enam bulan berturut-turut. "Sentimen konsumen telah memburuk secara drastis," ujar juru bicara asosiasi itu.

"Dengan perusahaan memberhentikan para pekerja sebagai respons terhadap kerugian, pembeli mobil potensial nampaknya khawatir kehilangan pekerjaan mereka," ujarnya.

Kondisi Januari yang buruk menyusul tahun terburuk industri mobil Jepang dalam tiga dekade pada 2008, ketika penjualan kendaraan baru jatuh 6,5 persen menjadi 3,2 juta unit.

Pasar mobil Jepang telah menyusut dalam beberapa tahun belakangan saat kaum muda menghindari membeli mobil, terutama di kota-kota, karena kenaikan upah yang lambat, biaya bahan bakar yang tinggi, dan tersedianya transportasi publik yang memadai.AFP | ERWIN 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi