Singkirkan Amerika, Cina Pasar Mobil Terbesar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 10 Februari 2009 13:33 WIB

TEMPO Interaktif, Shanghai: Cina menyingkirkan Amerika Serikat sebagai pasar mobil terbesar dunia pada bulan Januari, menurut data yag dikeluarkan media pemerintah Cina, Selasa.

Total 735 ribu mobil terjual di Cina bulan lalu, kata televisi negara, yang mengutip  Dong Yang, wakil direktur Asosiasi Produsen Mobil Cina.

Sementara, 656.976 kendaraan terjual di Amerika Serikat bulan lalu, menurut perkiraan awal yang dikeluarkan pekan lalu oleh perusahaan riset pasar Autodata.

Namun, analis mengatakan Januari merupakan bulan yang tidak biasa karena Tahun Baru Cina mendorong penjualan di Cina, sementara Amerika Selatan mengalami penurunan penjualan pasca-Natal, dan untuk sepanjang tahun ini Amerika diperkirakan tetap menjadi pasar terbesar dunia.

"Cina mengalami bulan dengan penjualan bagus dan Amerika kemungkinan mengalami penjualan terburuknya," kata Michael Dunne, analis perusahaan riset JD Power yang berpusat di Shanghai.

"Kami masih bertahan dengan prediksi kami bahwa Cina tidak akan melampau i Amerika tahun ini," kata Dunne kepada AFP.

"Angka penjualan itu lebih menjadi sinyal kajatuhan penjualan mobil Amerika daripada peningkatan permintaan Cina," kata John Zeng, analis Global Insight yang berpusat di Shanghai.

"Lebih dari 80 hingga 90 persen pembelian mobil di Amerika dilakukan dengan kredit," ujar Zeng. "Saat sistem keuangan bermasalah, model penjualan yang didukung sistem keuangan roboh."

AFP | ERWIN Z.

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi