Bridgestone Pertahankan Rekor Tingkat Penjualan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 Februari 2009 18:01 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta:Krisis ekonomi global membuat produsen ban aasl Jepang, Bridgestone gagal menaikkan penjualan tahun ini. Bridgestone akan menjaga tingkat penjualan seperti tahun lalu sehingga tidak ada pengurangan jumlah produksi.

Dalam konferensi pers proyeksi awal tahun di Jakarta, produsen ban terbesar di Indonesia itu mengatakan tahun ini produksi mungkin akan dipertahankan seperti jumlah produksi tahun lalu. "Sekitar 3 juta unit," ungkap Manajer Departemen Penjualan Bridgestone Indonesia, John Arsyad, Rabu (18/2).

Tahun lalu Bridgestone menguasai 41,6 persen pangsa pasar ban , diikuti Dunlop 23,8 persen, Gadjah Tunggal 18,9 persen, Vrederstein 9,1 persen, dan Swallo 1,5 persen. Dari persentase itu penjualan ban untuk mobil tahun 2008 diperkirakan sekitar 7,2 juta.

Manajemen Bridgestone mengatakan kapasitas produksi pabrik tidak akan diturunkan untuk menghindari pemecatan. Produsen ban itu memiliki dua pabrik di Bekasi dan Karawang dengan kapasitas produksi masing-masing John mengatakan kapasitas produksi 13.000 dan 22.000. "Tidak ada penurunan produksi pabrik bekeerja penuh dalam tiga shift," kata John.

Bridgestone mengatakan untuk mengejar target penjualan tahun ini ada beberapa langkah yang akan diambil, yatu tidak akan menaikan harga produk, meperkenalkan ban baru untuk kelompok konsumen menengah, dan menambah jumlah toko resmi.

Bridgestone tidak menjawab ketika ditanya perkiraan mereka soal kondisi pasar tahun ini. Shinya Hisada, Direktur Pemasaran mengatakan Brigdestone akan mengamati perkembangan pasar terutama pada semester satu, karena periode itu biasanya menentukan kelanjutan kondisi pasar pada semester berikutnya

RONALD

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi